BangkaPos/

Wajah Lebih Kelihatan Tua dari Usia Sebenarnya, Ini Penyebabnya

Penuaan dini sudah sepatutnya menjadi hal paling mengerikan yang terjadi pada setiap orang, terutama perempuan.

Wajah Lebih Kelihatan Tua dari Usia Sebenarnya, Ini Penyebabnya
tabloidnova
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Penuaan dini sudah sepatutnya menjadi hal paling mengerikan yang terjadi pada setiap orang, terutama perempuan.

Betapa tidak, kecantikan wajah yang tadinya memikat karena kencang secara perlahan mulai mengendur kemudian timbul keriput serta garis halus.

Mengenakan produk kosmetik sekalipun tak akan mampu menutupi penampilan wajah yang tidak lagi sesempurna dulu saat usia belasan tahun.

Tapi, apa sebenarnya penyebab wajah bisa terlihat lebih tua dari usia sebenarnya? Apa alasan wajah perempuan modern lebih cepat menua? Jawabannya adalah karena kebiasaan yang Anda lakukan sendiri.

Demikian seperti yang diutarakan oleh dr. Fitria Amalia Umar, Sp, KK.MKes, mengenai penyebab penuaan dini pada perempuan modern perkotaan.

Selain gaya hidup, pola tidur yang tidak seimbang dan sehat menjadi pemicu utama mengapa penuaan dini semakin parah. Ini belum ditambah dengan begitu banyaknya bahan kimia yang menempel pada wajah.

dr. Fitria pun berseloroh, bila Anda tidak mau mengalami penuaan dini, silahkan melakukan gaya hidup sehat dari sekarang.

"Jadi penuaan dini memang banyak faktornya. Salah satunya dari lifestyle, pola hidup. Misalnya dari pola hidup yang nggak sehat, seperti makan-makanan yang kurang sehat, kurang makan yang mengandung antioksidan," ujar dr. Fitria Amalia Umar saat dihubungi melalui telepon pada Rabu (1/2/2017) soal penyebab penuaan diri pada perempuan modern.

Tak hanya soal asupan makanan, udara yang tak sehat juga bisa menyebabkan penuaan sejak dini. Bahkan, masalah pada kulit lebih cepat terlihat seperti kusam, keriput, vlek hitam dan sebagainya.

"Lingkungan banyak polusi, paparan sinar matahari yang kuat. Kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik, misalnya merokok, tidak melakukan aktivitas olahraga. Jadi, bisa mempengaruhi penuaan dini juga," katanya.

Di era globalisasi seperti sekarang ini, kulit secara alamiah akan mudah menua jika tidak mendapat perawatan secara berkala. Namun, yang termudah dilakukan adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan antioksidan.

"Makanan-makanan yang kayak omega 3 yang banyak antioksidannya. Misal yang tinggi kolagennya, ada vitamin c dan vitamin lain. Makanan ini bisa didapat dari buah, sayuran, iklan dan hidrasi yang cukup, supaya sirkulasi tubuh bagus. Jadi, meminum air putih juga bisa jadi andil yah untuk menunda penuaan dini," jelasnya.

Editor: Alza Munzi
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help