Rustam Hilangkan Penat dengan Hobi Pelihara Ikan

Untuk jenis ikan kegemarannya, mulai dari ikan lele, gurame, hingga ikan patin. Yang paling saya gemari adalah lele

Rustam Hilangkan Penat dengan Hobi Pelihara Ikan
kompas.com
Ilustrasi peternak ikan lele 

BANGKAPOS.COM, BANDAR LAMPUNG - Banyak cara dilakukan untuk menghilangkan kepenatan di tengah rutinitas pekerjaan sehari - hari.  Rustam, Kasubag Keuangan dan Umum FKIP Unila  lebih memilih memelihara ikan.

Menurut Rustam, hobi memelihara ikan ditekuninya sejak tiga tahun lalu. Kini dia sudah memiliki satu kolam besar berukuran 2,5 x 5 meter dan ukuran kecil berukuran 2,5 x 2 meter.Toral semuanya ada empat kolam.

"Untuk jenis ikan kegemarannya, mulai dari ikan lele, gurame, hingga ikan patin. Yang paling  saya gemari  adalah lele karena paling enak ngurusnya dan cepat besar hitungan tiga - empat bulan," terangnya, Rabu (1/2/2017).

Awalnya dia sempat kesulitan ketika menggeluti hobinya karena belum begitu memahami kondisi ikan peliharaan

"Kan ikan dapat dari orang jadi belum begitu paham memeliharanya. Ternyata, ketika kita dapat ikan yang ditempatkan di plastik jangan langsung dimasukan ke ember karena ikan akan shock sehingga harus perlahan memindahkannya," tuturnya.

Ia memiliki kiat dalam melakukan perawatan ikan peliharaan karena faktor utamanya adalah air, maka setiap ganti dua hari sekali dengan cara air yang lama dua hari dibuka, lalu dua hari diganti airnya.

"Jadi harus bertahap pergantiannya karena kalau airnya ganti total malah dapat membuat ikan bisa mati," terangnya.

Editor: edwardi
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved