Empat Pilar MPR Untuk Memperkuat Jiwa Nasionalisme

Anggota MPR RI Eko Wijaya membuka dan memberi pengantar sosialisasi Empat Pilar MPR kepada masyarakat Air Itam Pangkalpinang

Empat Pilar MPR Untuk Memperkuat Jiwa Nasionalisme
IST
Anggota DPR RI dapil Bangka Belitung, Eko Wijaya

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Anggota MPR RI Eko Wijaya membuka dan memberi pengantar sosialisasi Empat Pilar MPR kepada masyarakat Air Itam Pangkalpinang, belum lama ini.

Eko berharap sosialisasi Empat Pilar MPR ini bisa memperkuat kebangsaan dan jiwa nasionalisme.
Dalam pengantarnya Eko Wijaya menjelaskan sosialisasi Empat Pilar MPR ini merupakan tugas dari MPR sesuai amanat UU No 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Dalam UU itu MPR mensosialisasikan Empat Pilar MPR yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara dan Ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Mengapa kita sosialisasikan Empat Pilar MPR? Karena tantangan kebangsaan kita semakin kompleks. Salah satunya sering terjadi pemahaman keagamaan yang kurang baik sehingga orang mudah dihasut dan muncul paham radikalisme, menimbulkan paham terorisme dan ada tantangan munculnya kesukuan yang semakin kuat," jelas Eko Wijaya.

Dalam negara Pancasila, lanjut Eko, paham-paham seperti itu harus dihilangkan.

"Tantangan itu yang harus kita selesaikan. Sosialisasi Empat Pilar bisa mengatasi tantangan itu. Apalagi menjelang Pilkada ini, isu-isu sara sering dimunculkan yang berpotensi memecahbelah masyarakat. Sosialisasi Empat Pilar ini menjadi momen yang tepat. Saya berharap kita bisa menahan diri dan mengedepankan kebersamaan," katanya.

Eko Wijaya berharap masyarakat yang mengikuti sosialisasi Empat Pilar MPR ini bisa memperkuat jiwa kebangsaan.

"Dengan sosialisasi ini bisa menambah kuat nasionalismenya. Sehingga ketika menjadi pemimpin bangsa ini dengan nasionalisme yang kuat tidak menipu negara," ucapnya. (*)

Penulis: Dody
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved