BangkaPos/
Home »

Bisnis

» Makro

Januari Cabe Bikin Babel Inflasi 2,91 Persen, Februari Kenaikan TDL Perlu Perhatian

Beberapa komoditas volatile food yang mengalami inflasi antara lain cabai rawit, jeruk, selar/tude, ikan kembung dan udang basah

Januari Cabe Bikin Babel Inflasi 2,91 Persen, Februari Kenaikan TDL Perlu Perhatian
Bangkapos.com/Ajie Gusti
Pedagang cabai di Pasar Pembangunan Jalan Trem Pangkalpinang, Senin (16/1/2017). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--- Naiknya harga cabai rawit dari komoditas volatile food turut mendorong inflasi bulan Januari 2017.

Kelompok volatile food (kelompok bahan makanan) menjadi penyumbang utama tekanan inflasi di Bangka Belitung yaitu sebesar 2,91%, seiring dengan meningkatnya permintaan saat Imlek dan gejala musiman.

Jika dibandingkan dengan bulan Januari 2016, inflasi volatile food mengalami peningkatan yang signifikan dimana pada periode tersebut kelompok ini hanya mengalami inflasi 0,24 persen.

Beberapa komoditas volatile food yang mengalami inflasi antara lain cabai rawit, jeruk, selar/tude, ikan kembung dan udang basah.

Kota Pangkalpinang mengalami inflasi sebesar 1,72 persen lebih rendah dari bulan Desember 2016 yang mengalami inflasi 1,95 persen.

Sementara itu secara tahunan Kota Pangkalpinang mengalami inflasi sebesar 8,62 persen lebih tinggi dari periode yang sama di tahun sebelumnya  sebesar 7,78 persen

Sejalan dengan Pangkalpinang, Kota Tanjungpandan mengalami inflasi 1,71%, meningkat dari bulan Desember 2016 yang mengalami inflasi 0,90 persen.

Secara tahunan, inflasi Kota Tanjungpandan sebesar 6,74 persen berlawanan arah dari bulan Januari 2016 yang tercatat deflasi sebesar 0,52 persen.

Kelompok administered price mengalami inflasi 1,69 persen, mereda dari bulan sebelumnya yang mengalami inflasi tinggi 5,08 persen.

Secara tahunan administered price tercatat inflasi 10,53 persen. Inflasi administered price didorong oleh adanya kenaikan tarif listrik, tarif pulsa ponsel dan bensin.

Halaman
12
Editor: Hendra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help