KPU Beltim Tekankan Pentingnya Syarat Pemilih kepada KPPS

Dia menjelaskan, jika dulu seorang pemilih bisa menggunakan haknya meski hanya menggunakan surat keterangan kepala desa.

KPU Beltim Tekankan Pentingnya Syarat Pemilih kepada KPPS
bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Komisioner KPU Beltim Divisi SDM dan Parmas Suro Mampan Siregar 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Komisioner KPU Belitung Timur Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Suro Mampan Siregar mengatakan pada bimtek terhadap ribuan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Beltim, pihaknya menekankan pentingnya perhatian pada syarat pemilih.

Hal inilah yang berbeda dibandingkan penyelanggara Pilkada Serentak 2015 lalu.

"Persyaratan pemilih itu beda sekali dengan tahun 2015," kata Suro kepada Pos Belitung, Jumat (3/2/2017).

Dia menjelaskan, jika dulu seorang pemilih bisa menggunakan haknya meski hanya menggunakan surat keterangan kepala desa.

Pada Pilkada Serentak 2017, hal seperti itu tidak bisa lagi diterapkan.

"Kalau sekarang, minimal pemilih harus punya surat keterangan dari Disdukcapil setempat, atau memiliki KTP Elektronik. Ini cukup berbeda sekali dibanding Pilkada sebelumnya," katanya.

Suro menjalaskan, penggunakan EKTP itupun harus sesuai dengan alamat pada EKTP.

Dia memisalkan, jika seorang pemilih hendak mencoblos di Beltim namun alamat EKTP berdomisili di Bangka, maka seorang pemilih tersebut harus membawa formulir sebagai pemilih pindahan.

"Itu tidak bisa kalau tidak seperti itu. Bawa formulir pindahan, formulir A5. Ini harus karena kaitannya dengan ketersediaan surat suara di TPS pada pencoblosan. Kan repot juga itu," katanya.

Untuk pemilih yang menggunakan EKTP tanpa membawa undangan (formulir C6), Suro menjelaskan pemilih tersebut harus memastikan bahwa ia terdaftar di DPT yang ada di TPS.

"Nanti DPT itukan ditempel di luar (TPS), tunjukkan saja EKTP dan tunjukkan namanya di DPT, boleh itu, tidak masalah. Karena mereka yang berhak memilih ini adalah mereka yang terdaftar di DPT, DPPh (Daftar Pemilih Pindahan) yang berarti dia pindah memilih, dan DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) ini yang hanya bawa EKTP dan atau Suket dari Disdukcapil," tutur Suro

Suro mengatakan, pihaknya sudah menekankan syarat pemilih ini harus dipahami para anggota KPPS di Beltim.

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved