6 Cara Mengatasi Nyeri pada Payudara Menjelang Menstruasi

Bengkak dan nyeri pada payudara adalah gejala utama dari premenstrual. Rasa nyeri tersebut memang tak nyaman,

6 Cara Mengatasi Nyeri pada Payudara Menjelang Menstruasi
tabloidnova
6 Cara Mengatasi Nyeri pada Payudara Menjelang Menstruasi 

BANGKAPOS.COM - Bengkak dan nyeri pada payudara adalah gejala utama dari premenstrual. Rasa nyeri tersebut memang tak nyaman, Anda juga akan merasakan jaringan payudara menjadi padat dan kasar.

Ada beberapa cara yang dapat mengurangi rasa sakit pada payudara, seperti:

1. Mengenakan support bra yang sesuai dapat mengurangi jaringan payudara Anda bergoyang-goyang selama masa menstruasi Anda.

2. Memberikan kompresan panas atau dingin juga dapat membantu, tetapi jangan diaplikasikan langsung pada kulit payudara Anda. Kompresan tersebut bisa dibungkus lagi dengan handuk atau kain yang halus. Sebaiknya lakukan pengompresan hanya sekitar 20 menit saja.

3. Pereda rasa sakit seperti ibuprofen atau aspirin bisa Anda konsumsi ketika rasa nyeri muncul, keduanya tidak mengandung kafein.

4. Meminum banyak air putih dan hindari minuman kafein. Kafein akan meningkatkan hormon kortisol, sehingga akan mengacaukan hormon-hormon lain yang sedang meningkat.

Usahakan Anda juga mengurangi konsumsi garam, sebab garam akan memicu retensi air.

5. Makan-makanan sehat seperti yang tinggi serat, rendah lemak yang bisa ditemukan pada buah-buahan dan kacang-kacangan.

Sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi daging, sebab mengurangi makan daging baik juga untuk kesehatan jantung, tulang, membantu penurunan berat badan, serta kesehatan payudara.

6. Kurangi stres juga membantu menjaga keseimbangan hormon, sebab stres akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Anda bisa mengurangi stres dengan cara rajin berolahraga atau mencoba meditasi ringan.

Halaman
12
Editor: Alza Munzi
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved