UPT PU Dilikuidasi, SPAM Diambil Alih PDAM Tirta Bangka

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang ada di lima kecamatan di Kabupaten Bangka akan diambil alih oleh PDAM Tirta Bangka.

UPT PU Dilikuidasi, SPAM Diambil Alih PDAM Tirta Bangka
bangkapos.com/dok
Sekda Bangka H Fery Insani 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang ada di lima kecamatan di Kabupaten Bangka akan diambil alih oleh PDAM Tirta Bangka.

Selama ini SPAM dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bangka melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) sehingga akan diintegrasikan ke PDAM Tirta Bangka.

Menurut Sekda Bangka Fery Insani, jumlah Sambungan Rumah (SR) PDAM di Kabupaten Bangka sebanyak 7.200. Selama ini jaringan PDAM hanya di Kecamatan Sungailiat, Pemali dan Merawang maka SR PDAM ini akan diperluas dengan mengintegrasikan SPAM di lima kecamatan.

"Konsekuensi adalah untuk penyediaan air baku dan pengaturannya ditangani oleh yang profesional PDAM. Kita akan menghemat biaya di PU karena UPT SPAM akan kami bubarkan dilikuidasi yang selama ini cost center kita akan kelola secara profesional. Kemudian SPAM itu dikelola oleh PDAM," jelas Fery kepada bangkapos.com, Kamis (9/2/2017) di Kantor Bupati Bangka.

Menurutnya, akan ada tarif air bagi penggunakan SPAM dengan tarif sosial di bawah tarif biasa. Namun ia belum mengetahui berapa tarif pastinya karena akan diajukan kepada Bupati Bangka H Tarmizi Saat.

"UPT SPAM kita liquidasi, urusan SPAM kita alihkan ke PDAM," ungkap Fery.

Sedangkan untuk proses penyertaan modal hanya modal bangunan SPAM bukan modal uang kepada pihak PDAM.

"Kita mulai menata siapa yang profesional dialah ngurus berikanlah sesuatu kepada yang ahlinya," kata Fery.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help