Bupati Sarankan Warga Buat Warung Makan Khas Bangka yang Lezat dan Murah

Tarmizi Saat menyarankan agar masyarakat di Kabupaten Bangka membuat warung makan khas Bangka

Bupati Sarankan Warga Buat Warung Makan Khas Bangka yang Lezat dan Murah
bangkapos.com/dok
Bupati Bangka H Tarmizi Saat didampingi Ketua PKK Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi melakukan penguntingan pita peresmian Warung Makan Cantik, Selasa (7/2/2017) di Gedung Dekranasda Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka H Tarmizi Saat menyarankan agar masyarakat di Kabupaten Bangka membuat warung makan khas Bangka menyajikan cita rasa masakan lezat dengan harga murah.

Menurutnya banyak wisatawan yang kesulitan mencari rumah makan khas Bangka yang enak dan murah.

"Kita berharap ada warung makan khas Bangka yang dikelola dengan baik. Ada sambelnya, lalap jantung pisangnya seperti Warung Nazar di Jalan Mentok Pangkalpinang. Itu laris warung makan Bangka. Rusep ada, kembung telok ade, jantung pisang, pucuk ubi apa ge ade yang dari kampung-kampung itu banyak orang makannya," saran Tarmizi kepada bangkapos.com, Jumat (10/2/2017).

Dia mengatakan, di warung makan tersebut ada masakan ayam kampung yang juga menjadi menu spesial.

Ada juga warung makan di Pangkalpinang yang menyajikan menu lempah kepala ikan. Menurut satu kepala ikan bisa untuk orang tiga karena sangat besar.

Selain itu dari penilaian Mantan Sekda Bangka ini, Warung Makan Khas Bangka yang lezat juga ada di depan Kantor PT Timah Tbk di Pangkalpinang.

"Warung yang ada pohon-pohon kayu yang atap daun. Itu yang paling enak atau di depan Ramayana sebelah kiri. Warungnya sangat sederhana, atau di Mambo yang warung pinggir jalan itu. Itu antri kita makan disitu," jelas Tarmizi.

Ia juga mencontohkan warung makan di dekat Hotel Cikini Jakarta yang disajikan fresh dan hangat. Seperti ikan yang baru digoreng.

"Jadi orang datang tinggal goreng, tinggal disiapkan disajikan. Ini karena kita sering keliling jalan-jalan," kata Tarmizi.

Insinyur Pertanian Lulusan Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta ini menyaran warung makan jangan menetapkan harga yang terlalu mahal yang penting rasanya lezat. Dengan demikian pengunjungnya ramai sehingga terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Di Sungailiat saat ini juga sudah ada beberapa warung makan khas Bangka, salah satunya yang baru di buka oleh Pengurus PKK Kabupaten Bangka, yakni Warung Makan Cantik berlokasi di Gedung Dekranasda di depan Kantor DPRD Bangka di Jalan Ahmad Yani Jalur Dua Sungailiat.

Warung makan ini menyajikan makanan khas Bangka seperti lempah ikan kuning, lempah kuning daging, ikan kembung betelok, sayur lempah darat, tumis pepaya dan lainnya. Warung ini juga menyajikan makanan khas Sunda dan Jawa.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help