Ikan Nila Hitam Cocok Ditebar di Sawah Pangkalniur

Penaburan benih bisa dilakukan saat dimulainya musim tanam padi. Ikan nila hitam adalah ikan predator

Ikan Nila Hitam Cocok Ditebar di Sawah Pangkalniur
bangkapos.com/Riyadi
Achyarani

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sirkulasi dan debit air yang cukup bahkan lebih untuk pengairan sawah Desa Pangkalniur, membuat sawah ini berpotensi untuk tempat pembesaran ikan nila.

Penaburan benih bisa dilakukan saat dimulainya musim tanam padi. Ikan nila hitam adalah ikan predator, yang juga memakan telur hama dan hama di tanaman padi.

"Ikan nila hitam juga lebih aman dari predator lain seperti burung dan elang, karena warna ikan yang kelam sehingga tidak mudah terlihat oleh predator lain, kalau ikan merah cenderung rawan bagi predator lain," kata Wakil Ketua BPD Pangkalniur Achyarani kepada bangkapos.com, Jumat (10/2/2017).

Bila predatornya dari darat seperti ular dan biawak, areal sawah yang dijadikan lahan pembesaran ikan nila, bisa di pasang jaring pengaman.

"Hal-hal seperti ini kemarin di jelaskan oleh DKP, dalam sosialisasi program Mina Padi DKP Pemkab Bangka, yang terpenting ada kerjasama antara DKP dan petani, ini saja syarat utamanya, sehingga program mina padi bisa direalisasikan di sawah Pangkalniur," jelasnya.

Program mina padi di Pangkalniur ini, bisa mendorong petani untuk memiliki penghasilan tambahan, disamping hasil pokoknya, yakni padi.

Penulis: riyadi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved