Bila Pemilih Belum Dapat Formulir C6 Disarankan Lapor ke Panitia Pemungutan Suara

Lutfi mengatakan bahwa semua formulir C6 telah diserahkan KPU kepada Panitia Pemilihan Kecamatan

Bila Pemilih Belum Dapat Formulir C6 Disarankan Lapor ke Panitia Pemungutan Suara
bangkapos.com/Riki Pratama
Komisioner KPU Basel Bidang Data dan Informasi Lutfi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- KPUD Bangka Selatan telah menyerahkan formulir C6 kepada panitia kecamatan di mulai dari 6 Februari lalu, yang diberikan kepada mereka yang ingin mencoblos Gubernur dan wakil Gubernur Babel pada tanggal 15 Februari nantinya.

Komisioner KPU Basel Bidang Data dan Informasi Lutfi mengatakan bahwa semua formulir C6 telah diserahkan KPU kepada Panitia Pemilihan Kecamatan, lalu berlanjut ke kelompok Penyelenggara Pemungutan suara dan Panitia Pemungutan Suara di Desa dan Kelurahan.

"Rata rata sudah di distribusikan, memang belum ada sebagian ketika di serahkan tidak ketemu dengan orangnya, seperti yang pergi kuliah, namun ada sebagian di titipkan dengan keluarganya,"jelas Lutfi kepada bangkapos.com, Senin (13/2/2017)

"Tetapi kalau tidak ada, bisa menggunakan eKTP untuk mencoblos datang langsung ke TPS, bila belum ada eKTP minta surat keterangan ke dinas Cavil, karena pemilih juga harus proaktif, segera menghubungi PPS setempat, dan bagi tidak dapat c6 tidak terdaftar boleh membawa e-KTP saat pencoblosan,"jelasnya

Selain itu, ia menjelaskan bagi siapapun yang belum mendapatkan formulir C6 bisa melaporkanya ke Panitia pemungutan suara yang ada di kelurahan atau Kantor Desa.

"Karena tanggal penyerahan itu batasnya dari 6 sampai 12 Februari, tetapi bisa sampai tanggal 14 meminta kepada ke Panitia Pemungut suara (PPS) paling lambat jam empat sore dan paling lama jam 12 malam, bila pemilih belum dapat, boleh melaporkan ke PPS," jelasnya.

Sementara menurut Lutfi mengenai adanya sisa pengembalian formulir C6 nantinya akan di simpan oleh pihak KPUD menjadi dokumen.

"Artinya formilir c6 jangan sampai di salah gunakan. Namun sekali lagi walau tidak dapat C6, pemilih bisa membawa eKTP ke TPS, tidak ada KTP membawa SIM asal terdaftarkan dalam DPT," jelasnya.

Penulis: Riki Pratama
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help