Advertorial

Bupati Bateng Letakkan Batu Pertama Pabrik Es Berkapasitas 30 Ton di Desa Penyak

Bupati Bangka Tengah (bateng), Erzaldi Rosman melakukan peletakan batu pertama pabrik es di desa Penyak, Koba.

Bupati Bateng Letakkan Batu Pertama Pabrik Es Berkapasitas 30 Ton di Desa Penyak
Bangkapos/Riski Yuliandri
Bupati Bateng, Erzaldi Rosman saat melakukan peletakan batu pertama pabrik es di desa penyak. 

Laporan Wartawan Bangkapos, Riski Yuliandri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Tengah (bateng), Erzaldi Rosman melakukan peletakan batu pertama pabrik es di desa Penyak, Koba.

Pabrik es tersebut akan dijalankan oleh BUMD PT Bangka Tengah Prima dengan bekerjasama dengan beberapa investor dan pihak swasta lain.

"Dengan adanya pabrik batu es yang dijalanan BUMD ini akan mengurangi beban APBD kita, 51 persen sahamnya dimiliki BUMD sedangkan sisanya milik investor tapi tetap dilaksanaan secara profesional," ungkap Erzaldi.

Pabrik yang dibangun di lahan dua hektar tersebut akan menghasilkan 30 ton es batu untuk memenuhi kebutuhan nelayan di penya, dan kurau.

Sebelumnya pemkab bateng juga sudah pernah membangun pabrik es di desa kurau tahun 2006 lalu namun tidak dapat dioperasikan.

"Di kurau itu kemarin terendala listrik, sekarang PLN sudah ada pas mau dinyalakan malah tidak bisa karena alatnya sudah rusak, biaya untuk perbaikinya saja sudah hampir sama dengan beli baru," jelas Erzaldi, Selasa (14/2/2017).

Diretur BUMD PT Bangka Tengah Prima, Budiarso mengungkapkan pihaknya akan menambah kapasitas pabriknya jika berhasil menjalankan pabrik tersebut.

Pihaknya juga sengaja mendesain letak pabrik tersebut agar dapat membangun pabrik kedua dengan kapasitas yang sama secara berdekatan.

"Jika pabrik kedua ini berjalan, maka bisa untuk mengcover kebutuhan es batu di koba, lubuk, dan batu beriga. Saya yakin es batu ini sangat dibutuhkan oleh para nelayan karena memang belum ada di daerah kita," ungkapnya.

Budiarso menargetkan akan menyelesaikan pembangunan tersebut selama tiga bulan kedepan.

"Jika semua investornya sudah ada semua, mungin tiga bulan selesai," tambahnya.

Penulis: Riski Yulianri
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved