Pilgub Babel 2017

Faktor Cuaca, Hanya Sebagian Pemilih Datang ke TPS 5 Airjaya

jika disebutkan surat undangan tak sampai ke pemilih di dusun setempat. Menurutnya, pemberitahuan sudah dilayangkan

Faktor Cuaca, Hanya Sebagian Pemilih Datang ke TPS 5 Airjaya
Bangkapos/Fery Laskari
Camat Pemali, Putra Jaya, memantau TPS 05 Desa Airduren (Phohin) Kecamatan Pemali, Rabu (15/2/2017) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Sekretariat PPK di Kecamatan Pemali Bangka, Hari Rusman menyebut ada dua faktor kemungkinan penyebab minimnya antusias pemilih datang ke TPS 05 Dusun Airjaya Desa Airduren (Phohin) Kecamatan Pemali Bangka, Rabu (15/2/2017).

Pemilih banyak tidak mencoblos Paslon Pilgub Babel 2017, karena faktor cuaca dan soal domisili.

."Informasi dari PPS kemarin, bahwa C6 nya sudah keluar, untuk pemberitahuan (pemberitahuan hari coblos). Cuma kemungkinan, karena cuaca yang tidak bisa diprediksi, sehingga banyak pemilih yang tidak datang (ke TPS 05 Dusun Airjaya)," kata Hari Rusman, ditemui Bangkapos.com, Rabu (15/2/2017) siang di TPS 05 Airjaya.

Pada tahun-tahun sebelumnya kata Hari, antusias warga relatif lebih baik. Seperti ketika pesta demokrasi Pileg tahun lalu, warga banyak yang mencoblos.

"Biasanya pada tahun tahun kemarin saat pemiihan, untuk Kecamatan Pemali tembus 65hingga 70 persen pemilih berpartisipasi. Seperti yang terjadi pada Pileg terakhir kemarin," katanya
.
Lalu kenapa saat Pilgub Babel 017, di TPS 05 Dusun Airjaya, Abu (15/2/2017), tidak sampai separuh warga yang hadir? Hari menjelaskan alasannya.

"Dari jam sembilan sampai jam satu siang ini hujan, sehingga mungkin antusias masyarakat (datang ke TPS) kurang," katanya.

Hari membantah, jika disebutkan surat undangan tak sampai ke pemilih di dusun setempat. Menurutnya, pemberitahuan sudah dilayangkan, sebelum hari H.

"Jadi bukan karena surat undangan tak diterima oleh pemilih? Kalau surat undangan kita pastikan semuanya sudah tersebar," katanya.

Hari juga menyebut faktor kedua yang kemungkinan menjadi penyebab minimnya pemilih di TP 05 Dusun Airjaya.

"Kemungkinan kedua, mungkin karena penduduk disini (Dusun Airjaya) banyak yang di Jakarta, tinggal di luar. Data mereka disini (Airduren/Phohin), cuma KTP-nya belum pindah sehingga mereka masih terdata di disni," jelasnya.

Update berita Pilkada Babel 2017 hanya di www.bangka.tribunnews.com

Selengkapnya baca di Harian Cetak Bangka Pos dan Babel News

Penulis: ferylaskari
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved