Pilgub Babel 2017

Partisipasi Pemilih Pangkalpinang Cuma 55 Persen, KPU Sebut Inilah Penyebabnya

Secara umum KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diharapkan dapat menggait tingkat partisipasi pemilih sebesar 75 persen.

Partisipasi Pemilih Pangkalpinang Cuma 55 Persen, KPU Sebut Inilah Penyebabnya
bangkapos.com/Riyadi
TPS 3 di Desa Pangkalniur Kecamatan Riausilip tampak sepi dari pemilih, karena cuaca hujan lebat, Rabu (15/2/2017). 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA---KPU Kota Pangkalpinang menilai tingkat partisipasi pemungutan suara pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kota Pangkalpinang dengan 383 TPS hanya mencapai 55 persen dari total jumlah pemilih yang terdaftar di DPT sebanyak 137.072 orang.

Faktor rendahnya tingkat partisipasi ini menurut Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Yusuf disebabkan faktor alam (hujan) dan pemilih yang tidak mendapat C6 karena tak diketahui domisili terbarunya.

Secara umum KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diharapkan dapat menggait tingkat partisipasi pemilih sebesar 75 persen.

Di tingkat kota tak ditetapkan pasti target partisipasi pemilih dalam Pilkada. Namun Yusuf berpendapat bahwa kemunginan 75 persen jumlah pemilih ini tidak mencapai target.

“Secara real kita belum tau, namun perkiraan angka persentase pemilih di Pangkalpinang 55 persen sisanya 45 persen tidak menggunakan hak pilih. Mungkin males karena cuaca hujan, C6 yang tidak terbagi atau apatis” jelasnya saat ditemui Bangka Pos, Rabu (15/2/2017)

Pasalnya diperkirakan pemilih yang tidak mendapat C6 cukup banyak, hal ini umumnya terjadi pada  pemilih yang tinggal di rumah kontrakan.

Hingga kini KPU Kota Pangkalpinang belum memperoleh data berapa jumlah pemilih yang tidak mendapat C6 dan pemilih yang sengaja tak datang saat pencoblosan (golput). Keberadaan data masih direkap PPS di kelurahan

Berdasarkan informasi dari Devisi Umum Keuangan dan Logistik, Penti.A.MF saat ini penyampaian hasil perhitungan suara masih di PPK dengan jadwal 15-17 Februari 2017,

“Besok tadi ada disampaikan secara lisan, ada dua dari tujuh kecamatan di Pangkalpinang yakni Girimaya dan Bukit Intan akan melakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Sementara lima kecamatan yang lain belum tau kapan rekapitulasinya, namun batas waktu hingga 22 Februari 2017” ungkap Penti

Halaman
12
Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved