Belitung Diminta Siaga Banjir, Tiga Hari ke Depan Masih Diguyur Hujan

Charles mengingatkan untuk masyarakat yang tinggal dikawasan rendah, untuk siaga akan potensi banjir.

Belitung Diminta Siaga Banjir, Tiga Hari ke Depan Masih Diguyur Hujan
Pos Belitung
Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Metereologi kelas 3 Tanjungpandan, Ridwanto sedang menunjukkan prakiraan cuaca, Kamis (16/2/2017). 

Laporan Wartawan Pos Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Stasiun Meterologi kelas tiga Tanjungpandan, memprediksikan hingga tiga hari kedepan hujan akan terus mengguyur pulau Belitung.

Hal itu disebabkan adanya EDDY Circulation (tekanan rendah) diatas wilayah kepulauan Belitung yang menyebabkan peluang pembentukan awan cukup tinggi .

"Diperkirakan tiga hari kedepan masih kayak gini cuacanya hujan, ini karena ada EDDY Circulation di Kepulauan Belitung, sehingga peluang pembentukan awan sangat tinggi," ujar kepala stasiun Metereologi kelas tiga tanjungpandan, Charles Siregar kepada Pos Belitung, Kamis (16/2/2017).

Baca: Belitung Dilanda Banjir, Lima Warga Sakit dan Seorang Bayi Dievakuasi

Pihaknya memprediksikan intensitas hujan akan berkisar di hujan ringan hingga hujan lebat. Namun, tak memungkiri akan terjadi cuaca ekstrem seperti kemarin dimana curah hujan diatas 100 mili meter.

"Intensitasnya variatif ringan sampai sedang, kalau udah diatas 100 mm itu ekstrem, dan kita juga bisa dikatakan ekstrem," ujarnya.

Charles mengingatkan untuk masyarakat yang tinggal dikawasan rendah, untuk siaga akan potensi banjir.

Pasalnya tak hanya curah hujan yang tinggi namun juga berbarengan dengan pasang naik air laut.

"Waspada untuk masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir, karena kemungkinan saar ini pasang naik. Kemungkinan banjir itu ada, makanya harus tetap waspada," jelasnya.

Tim Penanggulangan Bencana Satpol PP Kabupaten Belitung, Kamis (16/2/2017) ketika mengevakuasi korban banjir yang dalam kondisi sakit. Dokumen BPB Satpol PP Kabupaten Belitung
Tim Penanggulangan Bencana Satpol PP Kabupaten Belitung, Kamis (16/2/2017) ketika mengevakuasi korban banjir yang dalam kondisi sakit. Dokumen BPB Satpol PP Kabupaten Belitung (Pos Belitung)
Halaman
12
Penulis: krisyanidayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved