Ini Solusi Banjir Kampung Amau dari Bupati Belitung

Sahani Saleh mengatakan solusi yang hampir mendekati, agar tidak terjadi banjir di lokasi tersebut setidaknya harus membuat embung.

Ini Solusi Banjir Kampung Amau dari Bupati Belitung
Posbelitung.com/Dede Suhendar
Kapolres Belitung, AKBP Sunandar meninjau rumah Samsidar yang terendam banjir di perbatasan Desa Air Merbau dan Aik Rayak Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kamis (16/2/2017). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Bupati Belitung, Sahani Saleh (Sanem) terjun langsung untuk memantau suasana banjir di Kelurahan Kampung Damai dan Kelurahan Parit (Kampung Amau), Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Rabu (16/2/2017).

Bupati datang bersama Kapolres Belitung, AKBP Sunandar. 

Orang nomor satu di Kabupaten Belitung itu, kini telah melihat kondisi dibeberapa titik banjir.

Menurut Bupati Belitung solusi yang hampir mendekati, agar tidak terjadi banjir di lokasi tersebut setidaknya harus membuat embung atau tampungan air sementara berukuran sekitar lima kali lima meter dibeberapa titik.

"Tapi tetap juga harus menyediakan mesin yang cukup besar untuk menyedot air. Nanti air itu semua mengalir ke embung tersebut dan selanjutnya disedot gunakan mesin pompa," ungkap Sanem kepada posbelitung.com, Rabu (16/2/2017).

Tidak cukup hanya mesin pompa air dan embung tersebut menjadi pelengkap dalam mengatasi banjir di Kampung Amau. Melainkan bagian bendungan sungai yang berada dipinggir kali harus lebih ditinggikan sekitar satu meter keatas.

"Soalnya air yang di embung nanti dibuang ke aliran sungai tersebut. Biaya nya memang tidak sedikit, kita harus menyerap anggaran sekitar Rp 53 miliar," ujarnya.

Bupati Belitung belum bisa secara pasti memastikan kapan solusi itu akan terealisasi. Pasalnya anggaran sebesar itu semula sudah pernah diajukan ke Pemerintah Pusat, dengan menggunakan APBN.

"Kemarin kan PU pusat sudah pernah turun kesini dengan program Kota Ku, tapi kemarin ada kendala dana pusat ini kembang kempis dan banyak dipotong. Tapi kedepan akan mengejar program Kota Ku itu, dan study kelayakan juga sudah ada," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved