Kemkop Bubarkan 34 Koperasi di Belitung dengan Alasan Ini

Mula mengatakan ada beberapa alasan yang menyebabkan koperasi ini dibubarkan, diantaranya ialah koperasi yang

Kemkop Bubarkan 34 Koperasi di Belitung dengan Alasan Ini
Pos Belitung/Krisyanidayati
Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenaga kerja, Mula Samosir, Kamis (16/2/2017).

Laporan Wartawan Pos Belitung, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -Kementrian Koperasi membubarkan 34 koperasi yang tersebar di Kabupaten Belitung.

Koperasi yang dibubarkan ini merupakan koperasi yang dinilai tidak aktif dan tidak melakukan rapat anggota tahunan.

"Koperasi kedepan tidak lagi kuantitas tapi kualitas, makanya tahun ini telah keluar keputusan mentri membubarkan 34 koperasi di kabupaten Belitun," ujar kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenaga kerja, Mula Samosir, Kamis (16/2/2017).

Mula mengatakan ada beberapa alasan yang menyebabkan koperasi ini dibubarkan, diantaranya ialah koperasi yang dibuat tersebut tidak berjalan sesuai dengan undang-undang koperasi.

"Ini dibubarkan karena mereka tidak berjalan sebagaiamannya koperasi, koperasi ini kan semuanya di atur ada undang"nya, ada managemennya, ada yang tiga tahun tidak rapat anggota. Usahanya tidak bergerak, ngapain kita pertahankan yang seperti ini," katanya.

Sebelum dibubarkan, pihaknya sudah menyurati 34 koperasi tersebut untuk melakukan pembenahan. Namun, sayangnya hal itu tidak diindahkan.

"Mereka ini sudah lama kita surati tapi tidak ada perubahan," ujarnya.

Koperasi yang dibubarkan ini bergerak di berbagai bidang, seperti koperasi dibidang usaha kelontong, jasa, perikanan, sembako, dan lainnya.

Koperasi yang masih berdiri di kabupaten Belitung sebanyak 175 koperasi. Mula mengatakan koperasi yang masih berdiri ini diharapkan dapat mengolah sektor-sektor strategis untuk eknomi Belitung kedepannya.

"Total 209 koperasi yang dibubarkan 34. Kita juga dorong UKM yang jumlahnya 15.350 ini untuk membentuk koperasi sehingga bisa memperkuat ekonomi belitung," harapnya.

Mula menambahkan saat ini koperasi yang bergerak di Belitung masih bergerak dibidang simpan pinjam, perikanan, perkebunan, dan lainnya.

"Kedepannya kan kita berharap lebih berkembang lagi koperasinya, tapi yang benar-benar koperasi yang memahami aturan, kemudian managemennya, pembiyaannya akan kita dukung, harus sesuai aturan lah," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved