Pilgub Babel 2017

Ratusan Warga Tionghoa Belinyu Tidak Mencoblos Karena Merantau

Banyak warga Tionghoa di Kecamatan Belinyu tidak menggunakan hak suara alias tidak nyoblos, dalam pilgun Babel 2017

Ratusan Warga Tionghoa Belinyu Tidak Mencoblos Karena Merantau
bangkapos.com/Riyadi
Suhardi

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Banyak warga Tionghoa di Kecamatan Belinyu tidak menggunakan hak suara alias tidak nyoblos, dalam pilgun Babel 2017, Rabu (15/2/2017) kemarin.

Ketua PPK Belinyu Suhardi (bukan Suardi) mengungkapkan, warga etnis China di Kecamatan Belinyu yang tidak nyoblos, jumlahnya ratusan.

"Kalau sampai seribu nggak ada, tapi ratusan ada. Sebelumnya saat pembagian C6 (undangan untuk memilih), petugas kami di lapangan sudah mendatangi alamat warga-warga itu, tapi mereka tidak ada di tempat, kami tidak cukup sampai disitu saja, untuk crosscheck biar lebih akurat, kita juga bersama RT dan kaling (kepala lingkungan) masing-masing, untuk memastikan bersama, agar akurat," ungkap Suhardi kepada bangkapos.com, Kamis (16/2/2017).

Ketika bersama-sama membagikan C6 tersebut, banyak warga etnis di Kecamatan Belinyu tidak ada di tempat, karena merantau ke Jakarta dan daerah lainnya, tapi kebanyakan ke Jakarta, sejak beberapa bulan lalu (3-4 bulan).

Karena yang bersangkutan tidak ada di tempat, maka C6 dibawa kembali oleh petugas.

"Kalau yang bersangkutan tidak ada di tempat, karena merantau, dan itu akurat, ya sudah, C6 ditarik lagi, ya tidak boleh ditinggal," jelas Suhardi.

Tapi ada juga yang tidak memilih, bukan karena merantau, tapi karena faktor cuaca.

Penulis: riyadi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved