Menyedihkan! Gadis-gadis Cilik Muslim Rohingya Ini Dijual, Jadi Pengantin di Malaysia

Anak perempuan berbadan kurus dalam kerudung biru toska itu menahan tangis saat ia mengenang apa yang terjadi ketika ia melarikan diri ke Malaysia

Menyedihkan! Gadis-gadis Cilik Muslim Rohingya Ini Dijual, Jadi Pengantin di Malaysia
Reuters
Para pengungsi Rohingya yang memasuki Banglades untuk menghindari kekerasan di Rakhine, Myanmar, Senin (21/11/2016). 

BANGKAPOS.COM - Anak perempuan berbadan kurus dalam kerudung biru toska itu menahan tangis saat ia mengenang apa yang terjadi ketika ia melarikan diri ke Malaysia dari negara bagian Rakhine,  yang dilandan konflik di Myanmar.

Hanya berusia 12 tahun saat itu, ia dipaksa menikahi laki-laki yang tak ia kenal dan usianya terpaut 10 tahun lebih tua, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Baca: Ridwan Kamil Pamer Kota Bandung di Medsos. Bikin Netizen Kaget, London atau Boston

Remaja itu, sekarang berusia 13 tahun, seperti ratusan anak-anak perempuan lainnya melarikan diri dari penyiksaan, kekerasan dan kondisi seperti “apartheid” di Rakhine, hanya untuk dijual kepada pria-pria Rohingya di Malaysia, menurut kelompok migran dan anggota komunitas.

Terpisah dari keluarganya saat melarikan diri ke Malaysia, ia mengatakan ia ditangkap oleh pedagang manusia dan ditahan selama berminggu-minggu dalam kamp yang kotor dan brutal di hutan dekat perbatasan Thailand-Malaysia dengan puluhan lainnya.

Baca: Mantan Kapolri Badrodin Haiti Batal Jadi Komisaris Utama Grab, Ini Alasannya

Penangkapnya mengatakan seorang pria Rohingya bersedia memberinya kebebasan asal ia mau dikawini.

"Agen (perdagangan manusia) itu mengatakan saya telah dijual kepada seorang laki-laki dan saya bertanya, bagaimana mereka tega melakukannya? Hati saya berat dan saya takut," ujar anak perempuan itu dalam sebuah wawancara di Kuala Lumpur.

Namun, Reuters tidak dapat secara independen memverifikasi aspek-aspek ceritanya namun ibunya mengukuhkan ia ditahan di kamp selama berminggu-minggu sebelum dibebaskan.

Baca: Rilis Single Ku Jaga Takdirku, Nagita Slavina Bikin Netizen Meleleh, Yang Sabar ya Kak Gigi

Halaman
123
Editor: Alza Munzi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved