Alumni Ohio University Asal Desa Penagan, Sebar Ilmu Ini di Gedung Panti Wangka Pangkalpinang

eorang wartawan harus memahami kaidah-kaidah jurnalistik. Di dalam dirinya, sudah tertanam sikap baik sehingga akan tercipta sebuah berita berkualitas

Alumni Ohio University Asal Desa Penagan, Sebar Ilmu Ini di Gedung Panti Wangka Pangkalpinang
Istimewa
Suasana Seminar Nasional Jurnalistik di gedung Panti Wangka, Pangkalpinang, Sabtu (18/2/2017). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Seorang wartawan harus memahami kaidah-kaidah jurnalistik. Di dalam dirinya, sudah tertanam sikap baik sehingga akan tercipta sebuah berita yang berkualitas dan berdampak bagi kebaikan di tengah masyarakat.

Tidak semua peristiwa atau kejadian, dibuat 'telanjang' sebagai sebuah berita. Korban pencabulan dan kejahatan yang melibatkan anak-anak, seharusnya disamarkan dalam konstruksi berita. Mereka masih memiliki harapan untuk menjalani kehidupan pada masa kehidupan berikutnya.

Baca: AWI Pangkalpinang dan LPM UBB Gelar Seminar Pers Menuju Bangka Belitung Berdaulat

"Tugas jurnalis tidak hanya sekadar membuat berita. Harus dapat memilah, berita mana saja yang layak diterbitkan atau tidak. Dalam pemberitaan televisi kita bisa melihat, bagaimana seseorang yang tertangkap tangan menerima uang oleh KPK, lalu disorot sedemikan rupa. Padahal, belum tentu yang bersangkutan bersalah sebelum tuntas penyelidikan, penyidikan hingga pengadilan. Namun, masyarakat sudah menilai orang itu sebagai tersangka korupsi. Nah, jurnalistik seharusnya dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui tulisan," terang Aswandi As'an, pemateri Seminar Nasional Jurnalistik dengan tema 'Pers Menuju Bangka Belitung Berdaulat' di gedung Panti Wangka Pangkalpinang, Sabtu (18/2/2017).

Baca: Syahnaz Unggah Foto, Baju Gisella Malah Bikin Gagal Fokus. Netizen: Maaf Kak Terlalu Terbuka

Mantan wartawan Metro TV ini diundang Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) Kota Pangkalpinang bekerja sama dengan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Universitas Bangka Belitung (UBB), untuk mengisi materi mengenai etika jurnalistik dan audio visual.

Alumni pelatihan jurnalistik Ohio University, Amerika Serikat ini berbicara di depan 250 perserta yang berasal dari mahasiswa, guru, dan siswa.

Lulusan UIN Yogyakarta tahun 1989 ini berasal dari Desa Penagan, Kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka dan kini aktif di training syariah Islam. Semangat dan energi yang luar biasa dibagikan kepada peserta, membuat acara selama 3,5 jam itu berlangsung singkat.

Baca: Ini Barang-barang Mewah yang Ditemukan di Kamar Siti Aisyah, Pembunuh Kim Jong Nam

Sebelumnya, jurnalis Bangka Pos Alza Munzi Hipni, memberikan sedikit pemaparan tentang menyajikan karya jurnalistik dengan hati.

Halaman
123
Penulis: Alza Munzi
Editor: Alza Munzi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help