Siswa SMPN 1 Damar Pelajari Cara Kerja Media

Zahra mengatakan ilmu yang mereka dapatkan ini akan diterapkan di Student News Papper Expresi yang dimiliki sekolah mereka.

Siswa SMPN 1 Damar Pelajari Cara Kerja Media
Pos Belitung
Siswa SMPN 1 Damar foto bersama edior dan manager Pos Belitung, usai karyawisata di Pos Belitung, Sabtu (18/2/2017). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Belajar tidak selalu didalam kelas, tapi bisa dimana saja. Hal itulah yang dilakukan puluhan siswa SMPN 1 Damar, Belitung Timur. Mereka didampingi dua orang gurunya melakukan karyawisata ke Pos Belitung, Sabtu (18/2/2017).

Dengan menggunakan satu satu bus, mereka tiba di kantor Pos Belitung sekitar pukul 10.30 WIB. Kedatangan mereka langsung disambut manager produksi Pos Belitung, Kamri, News Manager, Rusmiadi, Editor, Jaryanto, Pengendali Online Edy, dan Asisten Manager Sirkulasi, Didi Mariady.

Para siswa tampak antusias saat kunjungan, terlihat beberapa diantara mereka menyampaikan beberapa pertanyaan terkait proses kerja media, bahkan ada yang mempertanyakan sejarah pos Belitung.

"Sejak kapan ya pos Belitung beroperasi," ujar satu siswa yang mengenakan hijab.

Mereka tampak serius memerhatikan pemaparan tentang media cetak yang disampaikan editor, Jaryanto, dan media online yang dipaparkan News Manager, Rusmiadi.

Usai berdiskusi rombongan pelajar ini berkeliling mengunjungi ruang percetakan Pos Belitung.

Dalam karyawisata singkat itu, mereka mengetahui banyak hal mulai dari proses kerja rencana liputan hingga proses percetakan. Karyawisata ini diikuti siswa yang tergabung dalam ekstrakulikuler Jurnalistik.

"Senang jadi bisa tau, ternyata begitu ya proses kita bisa tau informasi cepat itu, susah juga pas sudah tau, selain cepat juga harus tepat dan ada ide," kata Zahra satu peserta Karyawisata.

Zahra mengatakan ilmu yang mereka dapatkan ini akan diterapkan di Student News Papper Expresi yang dimiliki sekolah mereka.

"Sebenarnya pengen tau lebih banyak lagi, tapi kan waktunya terbatas karena kunjungan ke lain lagi, semoga lah nanti bisa belajar lagi jadi kan kami juga bisa mempraktikan di sekolah," ujar remaja kelas 9 ini.

Manager Produksi Pos Belitung, Kamri mengapresiasi kehadiran siswa-siswa yang ingin menimba ilmu jurnalistik.

"Semoga apa yang didapatkan hari ini bisa diterapkan di expresi, dan semoga adik-adik dapat belajar lebih banyak lagi tentang jurnalistik," ujarnya.

Sementara itu, Guru Pembimbing Eskul Jurnalistik di SMPN 1 Damar, Ruwah Subekti berharap dari kunjungan ini para siswanya dapat menambah wawasan tentang kinerja jurnalistik, sehingga dapat diterapkan di Student News Papper Expresi.

"Kedatangan ini mengenal dunia jurnalistik sebelum mereka terlibat langsung di Expresi, sekaligus sebagai bentuk pembelajaran di luar kelas," harapnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved