Tahun 2020, Indonesia Ditargetkan Bersih dari Sampah

Diakuinya kegiatan HPSN dipusatkan oleh Pemprov Babel di Kabupaten Bangka. Untuk itu pihaknya membuat tujuh kegiatan dimana

Tahun 2020, Indonesia Ditargetkan Bersih dari Sampah
Nurhayati/Bangkapos.com
Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka menimbang sampah yang dikumpulkan para pelajar pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Selasa (21/2/2017) di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Meinalina, mengatakan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati sejak tanggal 21 Februari 2005 bertepatan dengan kejadian tragedi longsor sampah di TPA Leuwi Gajak Cimahi Jawa Barat.

Oleh karena itu adanya inisiatif kepedulian akan persampahan pada Jambore #BebasSampah2020 yang menghasilkan Deklarasi Bebas Sampah dengan mengidentifikasi 13 isu persampahan.

Isu tersebut yakni an organik, isu pembiayaan dan CSR, kelembagaan, pendidikan, penegakan hukum/peraturan, pergerakan/movement, sampah basah, sampah di ruang tak semestinya, strategi pengurangan sampah (reduce), substainability/keberlanjutan, teknologi, TPA dan wilayah akses terbatas, terpencil dan terluar.

"Indonesia ditargetkan dapat bersih dari sampah pada tahun 2020 nanti," kata Meinalina kepada bangkapos.com, Selasa (21/2/2017) di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka.

Diakuinya kegiatan HPSN dipusatkan oleh Pemprov Babel di Kabupaten Bangka. Untuk itu pihaknya membuat tujuh kegiatan dimana Selasa (21/2/2017) melaksanakan pemungutan sampah, mengelar lomba melukis tempat sampah, daur ulang untuk pengelolaan sampah dan workshop bersama komunitas Becak.

Sedangkan Rabu (22/2/2017) pagi, akan dilakukan gotong royong membersihkan Pantai Rebo dari sampah bersama Ikatan Keluarga Besar Kenanga (Ikebana) dan sekolah-sekolah binaan Ikebana.

Kegiatan ini dilanjutkan Kamis (23/2/2017) pagi dengan membersihkan sampah di Pantai Tikus Emas bersama pengusaha dan masyarakat.

Kemudian peringatan HPSN ini ditutup pada, Jumat (24/2/2017) pagi dengan membersihkan Pantai Matras yang akan dilakukan bersama Wakil Bupati Bangka Rustamsyah dan para kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Bangka.

"Hari Peduli Sampah Nasional ini diperingati di seluruh Indonesia. Kegiatan ini kita sambut baik. Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini mempercayakan kita di Kabupaten Bangka induk," jelas Meinalina.

Ia berharap generasi muda bisa ikut serta dalam penanggulangan sampah dan bisa mengajak peran serta masyarakat untuk aktif bergotong-royong membersihkan sampah di lingkungan tempat tinggal masing-masing demi menjaga keindahan dan kelestarian alam.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved