Alasan Cuaca, Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada 2017 di Babel Menurun

Sebenarnya kondisi tersebut lantaran faktor cuaca (musim hujan--red) yang mempengaruhi warga datang ke TPS-TPS saat hari H

Alasan Cuaca, Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada 2017 di Babel Menurun
bangkapos.com/dok
Ketua Bawaslu Babel, Bagong. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Badan Pengawas Pemilu provinsi Bangka Belitung (Bawaslu Babel), Bagong Susanto mengatakan meski pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) gubernur/wakil di provinsi Bangka Belitung pada tahun 2017 telah selesai dilaksanakan, namun tak berarti pihaknya (Bawaslu) tak menjalankan kewenangan maupun tugas dan tanggungnya selaku lembaga pengawas pengawasan pemilu di daerah.

"Sampai saat ini kita (Bawaslu--red) tetap fokus melakukan pengawasan rekapitulasi perhitungan perolehan suara secara bersama dengan pihak Bawaslu kabupaten maupun kota di provinsi Bangka Belitung ini," kata Bagong, Rabu (22/2/2017) ditemui di kantor Bawaslu provinsi Babel.

Begitu pula ditegaskanya pihak Bawaslu Provinsi Babel pun tetap mengikuti pelaksanaan rapat rekapitulasi di tingkat provinsi. Oleh karenanya ia berharap dalam pelaksanaan pilkada (gubernur/wakil) di provinsi Babel berjalan aman dan lancar tanpa ada hambatan apapun.

"Mudah-mudahan dalam pelaksanaan pilkada tahun ini hingga sampai pelantikan gubernur terpilih bisa berjalan aman dan kondusif," harapnya.

Disinggung soal tingkat antusias masyarakat di Babel dalam pilkada tahun ini terkesan rendah dibanding pelaksanaan pilkada pada tahun-tahun sebelumnya justru kondisi tersebut menurutnya lantaran bukanlah persoalan karena alasan masyarakat 'antipat'i atau mengambil sikap 'golput' terhadap pelaksanaan pilkada pada tahun ini.

"Sebenarnya kondisi tersebut lantaran faktor cuaca (musim hujan--red) yang mempengaruhi warga datang ke TPS-TPS saat hari H atau hari pencoblosan pada tanggal 15 Pebruari 2017 tersebut," terangnya.

Ia sendiri merasa bangga meski tingkat prosentase antusias masyarakat di Babel dalam pelaksanaan pilkada tahun ini tidak mencapai dari target yang diharapkan sebesar 70 % (persen).

"Yang jelas proses pelaksanaan pilkada tahun ini berjalan aman meski saya ketahui tingkat partisipasi masyarakat pada pilkada kali ini turun," katanya.

Namun begitu Bagong justru memberikan apresiasi positif terhadap seluruh masyarakat di daerah provinsi Babel yang turut berperan serta dalam mensukseskan pelaksanaan pilkada (gubernur/wakil) provinsi Babel tahun 2017 ini dapat berjalan kondusif.

"Termasuk pemerintah daerah, para stake holder, aparat keamana serta para awak media massa sebagai mitra Bawaslu tak lupa saya memberikan apresiasi sehingga pelaksanaan pilkada di provinsi kita ini (Babel--red) berjalan lancar,"

Ia menambahkan target proses rekapitulasi perolehan suara para pasangan calon gubernur/wakil Babel 2017 diperkirakanya tuntas pada di akhir bulan Pebruari 2017 ini.

Penulis: ryan augusta
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved