Ahok Kembali Akan Dilaporkan Terkait Sebutan Wifi 'Kafir'

aktivis dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) akan kembali melaporkan Gubernur DKI Jakarta itu ke muka hukum.

Ahok Kembali Akan Dilaporkan Terkait Sebutan Wifi 'Kafir'
Tribunnews.com/Nurmulia Rekso Purnomo
Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) menggelar keterangan pers di Jakarta, Minggu (26/2/2017). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Setelah berkali-kali melaporkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke polisi termasuk soal penistaan agama, kini aktivis dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) akan kembali melaporkan Gubernur DKI Jakarta itu ke muka hukum.

Pembina ACTA, Habiburokhman, mengatakan pihaknya akan melaporkan Ahok terkait pernyataannya soal wifi Al Maidah dengan kata sandi "kafir."

Ia menduga pernyataan tersebut tidak jauh berbeda dengan pernyataan Ahok soal surat Al Maidah ayat 51, yang menyebabkan Ahok menjadi terdakwa kasus penistaan agama.

"Kita akan melaporkan hal tersebut minggu depan, hari Senin," ujar Habiburokhman kepada wartawan di sebuah restoran cepat saji kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (26/2/2017).

Jika memang betul Ahok kembali melakukan penistaan agama padahal sidangnya atas kasus serupa masih berlangsung maka hal tersebut tentunya menjadi pertimbangan bagi hakim yang tengah menyidangkan Ahok atas ucapannya terkait surat Al Maidah ayat 51 itu.

"Dengan terbuktinya dia melakukan pidana lain yang sejenis, maka yang di (Jakarta) Utara seharusnya menjadi pertimbangan bagi majelis hakim untuk tegas, keras terhadap Ahok ini," ujarnya.

Seorang terdakwa atau tersangka bisa ditahan bila penegak hukum khawatir akan melarikan diri, menghilangkan barang bukti atau mengulangi perbuatannya.

Menurut Habiburokhman pernyataan Ahok soal wifi Al Maidah dengan kata sandi kafir bisa disebut sebagai mengulangi kejahatan.

"Di satu sisi Ahok harus ditahan, sisi lain proses pidana satunya harus berjalan lagi," ujarnya.

Selain melaporkan Ahok ke pihak yang berwenang, ACTA juga akan mengirimkan surat ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang menangani persidangan Ahok saat ini agar pernyataan Ahok soal wifi tersebut dijadikan pertimbangan.

Pernyataan Ahok tentang wifi tersebut terekam dalam video yang diunggah oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Dalam video tersebut terlihat Ahok yang didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, tengah memimpin rapat.

Dalam video tersebut terekam Ahok mengomentari soal wifi yang rencanannya di pasang masjid, bahwa wifi tersebut akan dinamai "al Maidah," dan kata sandinya adalah "kafir."

Editor: Alza Munzi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help