Tak Disangka, Kepiting Bisa Mati Digigit Nyamuk! Ini Tips Agar Kepiting Tetap Segar Saat Disantap

Memilih kepiting ternyata bukan hal yang mudah. Perlu trik khusus untuk tahu mana kepiting yang lezat untuk disantap.

Tak Disangka, Kepiting Bisa Mati Digigit Nyamuk! Ini Tips Agar Kepiting Tetap Segar Saat Disantap
Warta Kota/Achmad Subechi
Kepiting lada hitam, salah satu menu favorit di Sekar Seafood, Jalan Soekarno-Hatta, No. 618, Manjahlega dan Sekar Seafood, Jalan Suniaraja No. 41, Kota Bandung, Jawa Barat. 

BANGKAPOS.COM - Kepiting menjadi salah satu hidangan yang disukai para pecinta seafood. Biasanya kepiting dimasak dengan berbagai saos untuk menunjang rasanya.

Namun, memilih kepiting ternyata bukan hal yang mudah. Perlu trik khusus untuk tahu mana kepiting yang lezat untuk disantap.

"Kalau pilih kepiting yang penting masih hidup. Itu masih fresh," kata koki di Dapur Seafood, Rudy saat ditemui di acara soft opening Dapur Seafood, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (25/2/2017). 

Rudy yang telah 16 tahun bekerja sebagai koki hidangan laut mengatakan ciri lain kepiting yang lezat adalah tidak memiliki cacat di bagian tubuhnya.

"Ibaratnya 'koreng' kalau pada manusia. Jadi kepiting itu bagian tertentunya, seperti capitnya bisa pecah dan dagingnya luka. Kalau dimasak, nanti bagian yang ada luka itu akan berbau dan tak enak dimakan," kata Rudy.

Ada baiknya Anda langsung memasaknya setelah membeli kepiting hidup. Namun jika belum ingin dimasak, maka ada kiat khusus untuk membuat kepiting tetap hidup.

"Kepitingnya ditaruh di tempat yang lembab, kalau bisa disiram air asin. Cara lain basahkan karung goni, dan selimuti kepiting. Ini juga biar tak digigit nyamuk," kata Rudy.

Sebab, Rudy menjelaskan, kepiting yang digigit nyamuk ternyata akan langsung mati. Apalagi menurut Rudy, nyamuk paling gemar menggigit mata kepiting.

Kiat lain mendapatkan hidangan kepiting yang lezat tentunya dengan melihat restoran yang memiliki fresh market atau aquarium ikan, kepiting, dan kerang hidup sebelum dimasak.

Editor: Alza Munzi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help