Bagi Tamatan SMU Ingin Jadi CPNS, 8 Sekolah Kedinasan Ini Buka Pendaftaran 9 – 31 Maret

Pendaftaran untuk 8 sekolah ikatan dinas imi dilakukan secara online dan serentak melalui portal www.panselnas.id, pada 9 - 31 Maret 2017

Bagi Tamatan SMU Ingin Jadi CPNS, 8 Sekolah Kedinasan Ini Buka Pendaftaran 9 – 31 Maret
Ilustrasi Praja IPDN 

BANGKAPOS.COM--Pemerintah kembali membuka kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Umum (SMU) sederajat untuk mengikuti seleksi calon siswa-siswi/taruna-taruni pada 8 (delapan) sekolah kedinasan pemerintah.

Pendaftaran untuk 8 sekolah ikatan dinas imi dilakukan secara online dan serentak melalui portal www.panselnas.id, pada 9 - 31 Maret 2017.

"Ada beberapa sekolah ikatan dinas yang jumlah (penerimaan siswanya) bertambah, seperti IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) yang tahun lalu hanya 900 orang, tahun ini menjadi 1.689 orang," kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmadja kepada wartawan di Jakarta, Rabu (1/3/2017), seperti dilangsir portal setkab.go.id.

Menurut Setiawan, jumlah keseluruhan mahasiswa/taruna yang akan diterima pada sekolah kedinasan pemerintah tahun 2017 ini sebanyak 8.348 orang, yang terbanyak di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) sebanyak 4.920 siswa, dan terendah Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) sebanyak 100 siswa.

Deputi SDM Kementerian PANRB itu mengingatkan, pada pelamar yang berminat untuk mencermati dan menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan, seperti memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP elektronik dan NIK Kartu Keluarga.

"Kalau tidak cocok antara keduanya, otomatis akan ditolak," tegas Setiawan.

Pelamar, lanjut Setiawan, juga hanya diperbolehkan mendaftar di satu sekolah ikatan dinas.

"Kalau ada yang memaksakan, maka yang bersangkutan akan gugur secara otomatis," ujarnya.

Setelah melalui pendaftaran secara online di portal www.panselnas.id, menurut Deputi SDM Kementerian PANRB, seleksi akan dilakukan secara bertahap di kementerian/lembaga masing-masing.

Ada yang melakukan seleksi sebelum atau sesudah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Tes (CAT).

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved