Dinasti Keluarga Raja Arab Saudi yang Bergelimang Harta

Keruan saja, beredar cerita di sana-sini tentang gelimang harta kekayaan di lingkungan keluarga dinasti Raja Abdulaziz dengan segala gurita ...

Dinasti Keluarga Raja Arab Saudi yang Bergelimang Harta
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Al Saud melakukan shalat tahiyatul masjid di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (2/3/2017). Raja Salman berada di Masjid Istiqlal bersama Presiden Joko Widodo dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kenegaraan Raja Salman di Indonesia. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

BANGKAPOS.COM -- Kisah tentang dinasti Raja Abdulaziz al-Saud, pendiri Kerajaan Arab Saudi tahun 1932, tidak melulu tentang kekuasaan, tetapi juga tentang sosok-sosok dengan harta berlimpah.

Baca: Inilah Keheranan Raja Saudi Ketika Bung Karno Melakukan Hal ini di Makam Nabi Muhammad

Arab Saudi, negeri tandus, dan para penguasanya dari dinasti Raja Abdulaziz al-Saud seperti mendapat berkah Tuhan ketika perusahaan minyak Amerika Serikat, California Arabian Standard Oil Company (CASOC), menemukan sumber minyak pertama tahun 1938 di Distrik Al-Ahsa, Arab Saudi timur.

Baca: Viral, Kekompakan Guru dan Murid Ini Bisa Jadi Contoh, Netizen: Semangat NKRI Seperti Ini yang Betul

Pada 31 Januari 1944, nama CASOC diubah menjadi Aramco (Arabian American Oil Co).

Pada November 1988, nama Arabian American Oil Co diubah lagi jadi Saudia Arabian Oil Co (Saudi Aramco) di bawah kontrol penuh Pemerintah Arab Saudi.

Baca: Kisah Magadlino yang Mengharukan, Saya Hanya Tak Mampu Berjalan, Bukannya Tak Mampu Hidup

Perusahaan Saudi Aramco kini menjelma menjadi perusahaan minyak terbesar di dunia dengan nilai kapital antara 1,25 triliun dollar AS (setara Rp 16.731 triliun) dan 10 triliun dollar AS (Rp 133.841,37 triliun).

Faktor minyak itulah yang mengantarkan kejayaan Arab Saudi dan dinasti Raja Abdulaziz dengan stabilitas politik dan ekonomi sejak berdirinya hingga sekarang.

Keruan saja, beredar cerita di sana-sini tentang gelimang harta kekayaan di lingkungan keluarga dinasti Raja Abdulaziz dengan segala gurita jaringan bisnis yang ditopang kekuasaan.

Halaman
123
Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help