Breaking News

Ini Kronologis Kasus Korupsi SPPD Fiktif yang Dilakukan Terdakwa Kristianto

Kristianto DW telah divonis Pengadilan Tipikor (PT) Pangkalpinang, satu tahun kurungan atas kasus korupsi SPPD Fiktif

Ini Kronologis Kasus Korupsi SPPD Fiktif yang Dilakukan Terdakwa Kristianto
bangkapos.com/Disa Aryandi
Rumah Kristianto 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Belitung, Kristianto DW telah divonis Pengadilan Tipikor (PT) Pangkalpinang, satu tahun kurungan atas kasus korupsi SPPD Fiktif pada anggota DPRD Kabupaten Belitung periode 2009 - 2013.

Padahal pada tahun 2016 lalu, Kristinto dalam kasus ini sempat divonis tak bersalah alias bebas. Namun Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Belitung mengajukan kasasi terhadap kasus ini ke Mahkamah Agung (MA).

MA saat itu, langsung mengabulkan usulan kasasi. Terdakwa, semula diduga menelan kerugian negera atas perbuatannya sebesar Rp 249 juta.

Usai melalui proses panjang, MA lantas mengabulkan putusan kasasi yang diajukan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Belitung.

"Suratnya sudah sampai dikami, dengan nomor putusan MA Nomor 2584 K/PID.SUS/2015, dan didalam surat itu yang bersangkutan (Kristianto) ditetapkan bersalah," ungkap Kajari Kabupaten Belitung, Nova Elida Saragih kepada posbelitung.com, Jumat (3/2/2017).

Terdakwa terbukti bersalah, dan dikenakan Pasal 3 Jo Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 Tindak Pidana Korupsi.

"Kami sekarang sedang berupaya mencari tau keberadaan dia (Kristianto). Kami juga sudah mengecek kediamannya, ternyata kosong. Ke rekan-rekannya juga sudah kami lakukan pengecekan," ujarnya.

Kata Nova, untuk mencari keberadaan terdakwa mereka dalam waktu dekat akan meminta bantuan ke Adyaksa Monitoring Center.

"Kita akan tetap cari dia, setelah itu baru kami lakukan eksekusi," pungkasnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help