Wajib Pajak yang Sudah Ikut Tax Amnesty Harus Lakukan 2 Kewajiban Tambahan Ini

Ada dua kewajiban tambahan yang harus dilaksanakan wajib pajak sebagai bagian dari keikutsertaan dari program tax amnesty.

Wajib Pajak yang Sudah Ikut Tax Amnesty Harus Lakukan 2 Kewajiban Tambahan Ini
Tribunnews.com/Hendra Gunawan
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menilai, keikutsertaan dalam program Amnesti Pajak atau "tax amnesty" menandakan Wajib Pajak bersedia membangun budaya baru kepatuhan pajak. 

Yakni, ditandai dengan membayar dan melaporkan pajak dengan baik dan benar.

Baca: Mau Ajukan KPR DP 1 Persen di BPJS Ketenagakerjaan? Ini Syaratnya

Dalam keterangan pers-nya, Ditjen Pajak menyebutkan, bagi seluruh Wajib Pajak yang telah ikut program Amnesti Pajak, ada dua kewajiban tambahan yang harus dilaksanakan sebagai bagian dari keikutsertaan dari program tersebut:

1.  Pengalihan dan/atau Investasi Harta

Bagi Wajib Pajak yang menyatakan repatriasi, terdapat kewajiban untuk mengalihkan harta dari luar negeri ke Indonesia dan menempatkan dana tersebut dalam instrumen investasi sesuai ketentuan yang berlaku. Penempatan dana dalam instrument investasi di Indonesia ini berlaku paling kurang tiga tahun sejak harta dialihkan ke Indonesia.

Baca: Mulai Hari Ini Tarif Listrik Pelanggan 900 VA Naik 30 Persen

Bagi Wajib Pajak yang melakukan deklarasi harta dalam negeri, terdapat kewajiban untuk tidak mengalihkan harta tersebut keluar dari Indonesia untuk jangka waktu paling singkat tiga tahun sejak menerima Surat Keterangan Pengampunan Pajak.

2.  Pelaporan Berkala Harta Tambahan

Wajib Pajak yang telah ikut Amnesti Pajak diwajibkan melaporkan status penempatan harta tambahan yang dialihkan ke dan/atau yang berada di Indonesia

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved