Pemkot Pangkalpinang Serius Bangun Waduk Eka Guna Meski Tak Punya Dana Pendamping

saat ini sedang menginventarisasi lahan berikut nilainya untuk dilaporkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pemkot Pangkalpinang Serius Bangun Waduk Eka Guna Meski Tak Punya Dana Pendamping
Bangkapos/Zulkodri
Wakil Walikota Pangkalpinang, M sopian ketika meninjau Kolong Pelita di Kecamatan Taman Sari yang rencana akan dibuat menjadi kolong tangkapan atau resapan air, Jumat (03/03/2017). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah pusat berencana membangun Waduk Eka Guna seluas 97 hektare (Ha) di Pangkalpinang.

Meski demikian, pembangunan waduk untuk meningkatkan ketersediaan air baku sekaligus mengatasi banjir tersebut tetap membutuhkan dukungan dana APBD Pangkalpinang.

Baca: Temuan BPK, Pemkot Pangkalpinang Belum Kembalikan Rp 300 Juta ke Negara

"Dukungan berupa adanya dana pendamping dari APBD Kota Pangkalpinang bisa berupa pembangunan intake (bangunan penangkap air baku--red), rumah pompa, dan sebagainya sebagai fasilitas penunjang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar, belum lama ini.

Adanya dana pendampingan merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemkot Pangkalpinang untuk merealisasikan pembangunan Waduk Eka Guna.

Baca: Biaya Persalinan di Pangkalpinang Naik Jadi Rp 750 Ribu

"Maka, kita minta support dan dukungan juga dari anggota DPRD," ujarnya.

Bentuk keseriusan lainnya, kata Suparlan, pihaknya saat ini sedang menginventarisasi lahan berikut nilainya untuk dilaporkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pihaknya juga telah menganggarkan total dana Rp 350 juta. Dana ini diperuntukan bagi pembuatan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) maupun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Dikutip dari Wikipedia, KLHS adalah kajian yang harus dilakukan pemerintah daerah sebelum memberikan izin pengelolaan lahan maupun hutan.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help