Air Terjun Manjang Merah di Buhir tak Terawat Banyak Sampah Berserakan

Lingkungan air terjun Manjang Merah di Dusun Buhir Desa Berbura Kecamatan Riausilip, kondisinya tak terawat.

Air Terjun Manjang Merah di Buhir tak Terawat Banyak Sampah Berserakan
bangkapos.com/Riyadi
Air Terjun Manjang Merah di Dusun Buhir Desa Berbura Kecamatan Riausilip. Foto Selasa (7/3/2017).

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Lingkungan air terjun Manjang Merah di Dusun Buhir Desa Berbura Kecamatan Riausilip, kondisinya tak terawat.

Di sekitar air terjun yang paling dekat dengan areal pemukiman penduduk Dusun Buhir tersebut, lingkungan alamnya masih utuh, hanya saja banyak sampah anorganik yang berserakan di mana-mana.

Satu bak sampah dari drum plastik warna biru, juga sudah sarat dengan sampah. Plastik dan botol serta gelas minuman ringan, berhamburan dimana-mana.

Setelah melihat kondisi sampah yang berserakan itu, pandangan mata akan kembali terasa sejuk, ketika melihat kolam air terjun dan aliran airnya yang begitu jernih.

Dinginnya air terjun, kolam dan aliran air dari air terjun, cukup terasa untuk menyejukkan, muka, telapak tangan dan kaki, setelah menempuh perjalanan yang melelahkan dari Kampung Buhir.

Tebing curam di air terjun pertama yang paling dekat dengan Dusun Buhir ini, tingginya sekitar 15 an meter. Air bak buih mengalir dari ketinggian itu, lalu berubah menjadi air bening dan jernih di kolam tempat jatuhnya air terjun, sebelum mengalir ke berbagai aliran di bawahnya.

Untuk tiba di lokasi air terjun Manjang Merah saat ini, hampir lebih dari setengah perjalanan dapat ditempuh menggunakan sepeda motor, meskipun harus melewati jalan setapak di tengah semak belukar, kebun karet warga dan daerah lereng Gunung Maras.

Kondisi jalan setapak menuju Air Terjun Manjang Merah cukup variatif, ada yang berkelok-kelok, berlubang, berlumpur, berpasir hingga turun dan naik bukit.

Pipa air bersih dari lereng Gunung Maras, juga membentang hampir di setengah rute perjalanan menuju ke Manjang Merah.

Halaman
12
Penulis: riyadi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help