Akses Jalan Tidak Memungkinan, Kunjungan ke Tiga Air Terjun tak Seramai Dulu

Jalan menuju ke tiga air terjun ini, setengahnya adalah seperti halnya jalan kebun yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki

Akses Jalan Tidak Memungkinan, Kunjungan ke Tiga Air Terjun tak Seramai Dulu
bangkapos.com/Riyadi
Kondisi jalan menuju salah satu lokasi air terjun di Dusun Buhir Desa Berbura Kecamatan Riausilip. Foto Selasa (7/3/2017).

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Akses jalan menuju ke tiga lokasi potensi obyek wisata air terjun Manjang Merah, Tujuh Bidadari dan Lekadang di Desa Berbura Kecamatan Riausilip, kondisinya selain hanya jalan setapak, juga belum ada sentuhan peningkatan pembangunan.

Jalan menuju ke tiga air terjun ini, setengahnya adalah seperti halnya jalan kebun yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau sepeda motor.

Kalau naik sepeda motor, itupun tidak bisa sampai lokasi air terjun yang terdekat dengan Kampung Buhir.

Jalan yang bisa dilalui paling hanya setengahnya, lebih sedikit, tapi diteruskan dengan jalan kaki, namun tidak jauh lagi.

Untuk menuju ke dua lokasi dua air terjun yang dua tempat lagi, harus menyusuri punggung bukit dan berjalan di tengah hutan dengan berjalan kaki.

"Terkecuali, kalau punya jiwa adventure, petulang, pendaki itu baru oke jalan menyusuri hutan, naik turun tebing, meskipun jalannya sempit. Tapi kalau akses menuju tiga lokasi obyek wisata air terjun ini ditingkatkan lebih baik, maka obyek wisata alam tersebut, tidak akan ditinggalkan orang pada umumnya, coba bawa orang yang sudah tua atau anak-anak kecil, ke tiga lokasi air terjun itu, pasti nggak sanggup," ujar pengunjung Air Terjun di Gunung Maras di Desa Berbura Kecamatan Riausilip, Ika kepada bangkapos.com, Selasa (7/3/2017).

Menurut Ika, kalau harus dua atau tiga kali berkunjung ke tiga lokasi air terjun, harus pikir-pikir dulu.

"Saya hanya mempertimbangkan kondisi jalan saja, sayang tiga air terjun di Berbura ini tidak dikelola dengan baik, terutama medan jalannya yang harus ditingkatkan agar memudahkan pengunjung cepat sampai lokasi," ujarnya.

Kaur Pembangunan Pemdes Berbura Hasan, menyebutkan saat ini warga yang mengunjungi air terjun mengalami penurunan.

"Tak ramai seperti dulu. Tapi kalau akses menuju lokasi mudah, insyaallah kunjungan akan ramai, sebenarnya akses ke lokasi air terjun perlu dibangun oleh pemerintah," ujar Hasan.

Penulis: riyadi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help