Waspada! Permen Diduga Mengandung Narkoba Merambah Sejumlah Daerah Begini Bentuknya

Setelah ditemukan marak di Surabaya, perman impor diduga mengandung narkoba merambah Kota Balikpapa, Kalimantan Timur.

Waspada! Permen Diduga Mengandung Narkoba Merambah Sejumlah Daerah Begini Bentuknya
Instagram/Facebook
Permen yang diduga mengandung narkoba. 

BANGKAPOS.COM, BALIKPAPAN - Setelah ditemukan marak di Surabaya, perman impor diduga mengandung narkoba merambah Kota Balikpapa, Kalimantan Timur.

Menanggapi beredarnya permen dot yang diduga mengandung zat adiktif berbahaya (narkoba) di Kota Balikpapan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin segeramenyampaikan imbauan ke sekolah-sekolah untuk lebih waspada.

"Kami minta mereka (kepala sekolah, red) membaca kemudian mengantisipasi dengan adanya permen yang diindikasikan mengandung narkoba sudah beredar di Balikpapan," katanya kepada Tribun, Kamis (9/3/2017).

Muhaimin juga meminta para guru menginformasikan kepada seluruh siswa dan orangtua agar menasihati anak-anaknya untuk tidak membeli jajan sembarangan yang beredar di luar sekolah.

"Kita selalu menyampaikan ke sekolah-sekolah menyediakan makan dengan kesepakatan orangtua atau paling tidak anak-anak membawa bekal makanan dari rumah, sehingga terhindar beli jajanan makanan dari luar," ujarnya.

Disdikbud berharap koperasi sekolah tidak menjual permen, sehingga sekolah mudah memblok peredarannya.

Muhaimin menyatakan telah melakukan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota melakukan pantauan makanan dan minuman yang dijual di kantin sekolah.

Kegiatan pemantauan, akan semakin digiatkan setelah ada informasi peredaran permen yang diindikasi mengandung bahan berbahaya. Banyak makanan yang dijual di luar sekolah sulit dipantau, seperti tanggal kedaluwarsa, bahan, dan isi kandungannya.

"Kami akan komunikasi kembali dengan teman-teman puskesmas untuk lebih giat menyampaikan hal tersebut agar anak tidak membeli jajanan di luar sekolah. Karena kalau di luar area sekolah kita sulit mengontrol," katanya.

Saat ini masyarakat Balikpapan digemparkan dengan beredarnya permen berbentuk botol susu bayi (dot).

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help