Manggis, si Ratu Buah Pencegah Kanker

Buah manggis adalah salah satu buah yang cocok untuk dikonsumsi jika kita menginginkan badan yang lebih sehat.

Manggis, si Ratu Buah Pencegah Kanker
Pixabay.com
Buah manggis 

BANGKAPOS.COM - Buah manggis adalah salah satu buah yang cocok untuk dikonsumsi jika kita menginginkan badan yang lebih sehat.

Di balik rasanya yang lezat, buah manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik manfaat yang berasal dari daging buahnya, maupun manfaat yang berasal dari kulitnya.

Dari berbagai manfaat yang dimiliki oleh buah manggis, salah satu manfaat dari buah yang mendapat julukan ‘ratu buah’ ini adalah sifat antioksidan yang terdapat di dalamnya.

“Sifat antioksidan dalam buah manggis juga bisa untuk menangkal pro-oksidan (radikal bebas) yang masuk kedalam tubuh, sehingga mengonsumsi buah manggis bisa untuk menyegarkan tubuh kita," jelas Ir. Kasma Iswari, M.Si, ‎Peneliti Pertanian di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Solok, Sumatera Barat.

Kasma juga menambahkan, jika di daging buah manggis banyak terdapat kandungan vitamin C, kalium, dan serat, maka di dalam kulit buah manggis banyak terkandung senyawa yang bernama xanthone.

Senyawa xanthone inilah  yang sangat berguna bagi tubuh manusia, karena senyawa ini bisa untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan dan penyebaran dari sel-sel kanker.

Bagi yang sedang mengalami penyakit diare pun dianjurkan untuk mengonsumsi kulit manggis, karena di dalam kulit manggis terdapat kandungan tanin yang memang terbukti menyembuhkan diare.

“Cara mengonsumsi kulit manggis bisa kita jadikan tepung, atau untuk rumah tangga, akan lebih mudah jika kita merebusnya, tentunya di bersihkan dulu dari getah-getahnya, baru direbus, setelah itu barulah kita bisa meminum air rebusannya," ujar Kasma.

Meskipun kulit dari buah manggis bisa untuk menyembuhkan diare, namun tidak disarankan untuk mengonsumsi daging buah manggis ketika sedang mengalami diare.

Hal ini karena terkadang ada rasa buah manggis yang asam.

Jika sedang mengalami diare, memakan makanan yang asam, pedas, atau bersantan secara berlebihan dapat menyebabkan diare, karena membuat usus kaget.

Jadi tunggu apalagi, agar bisa mencegah kanker, yuk kita mulai rutin mengonsumsi buah berwarna ungu gelap ini!

Editor: Alza Munzi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved