Advetorial

Badan Litbang Pertanian Canangkan Gertam Cabai Bersama Bupati Bangka Tengah

BPTP Balitbangtan Babel dengan TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Gertam (Gerakan Tanam) Cabai berama TP PKK Bangka Tengah

Badan Litbang Pertanian Canangkan Gertam Cabai Bersama Bupati Bangka Tengah
IST
Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman foto bersama dengan tamu undangan yang hadir saat acara Gertam (Gerakan Tanam) Cabai berama TP PKK Bangka Tengah yang berlokasi di Desa Bukit Kijang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Rusaidah

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kebutuhan masyarakat Bangka Belitung akan cabai hingga saat ini masih dipasok dari berbagai daerah yang tentunya berimplikasi akan tingginya harga cabai ditingkat konsumen.

Seiring dengan masih melonjaknya harga cabai dan sebagai tindak lanjut MoU yang telah dilaksanakan antara BPTP Balitbangtan Babel dengan TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah dilaksanakan Gertam (Gerakan Tanam) Cabai berama TP PKK Bangka Tengah yang berlokasi di Desa Bukit Kijang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah.

BPTP Balitbangtan Babel dalam hal ini berperan menyiapkan 75.000 bibit cabai yang selanjutnya akan didistribusikan ke seluruh TP PKK dan beberapa organisasi wanita di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Persit, Bhayangkari, IWAPI, KPPI dan lain-lain).

Kegiatan Gertam Cabai dilaksanakan bersamaan dengan acara Gelar Teknologi Rehabilitasi Lahan Bekas Tambang Timah, yang merupakan kerjama Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah pada lahan seluas 8,5 ha.

Dengan teknologi pengelolaan yang tepat lahan bekas tambang timah dapat direhabilitasi dan dipergunakan untuk berbagai komoditas pertanian seperti tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, cover crop maupun tanaman untuk pakan ternak.

Acara pencanangan Gertam Cabai dihadiri oleh kurang lebih 350 undangan antara lain Bupati Bangka Tengah Dr (C) Erzaldi Rosman, Ketua TP PKK Bangka Tengah, Kepala Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA, Kepala BPTP Balitbangtan Babel Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP, Kepala Balai Penetian Tanah (Balittanah), perwakilan Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi, Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan), Kepala Balai Penelitian Lahan Rawa (Balitra), Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) Balitbangtan, Dekan Faperta, Biologi dan Perikanan UBB, Bappeda Provinsi Babel dan Kabupaten Bangka Tengah, Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten se Provinsi Bangka Belitung, Polres Bangka Tengah, Perwakilan Persit dan Bhayangkari, PT Timah, Poktan dan Gapoktan Bangka Tengah.

Dalam sambutan Kepala Badan Litbang Pertanian yang disampaikan oleh Kepala BBSDLP mengatakan bahwa reklamasi lahan bekas tambang timah merupakan tugas kita bersama, yang harus dan terus diupayakan oleh berbagai pihak untuk menghijaukan kembali lahan-lahan yang telah rusak.

Untuk itu pendekatan sistem integrasi tanaman ternak mutlak dilaksanakan. Karena untuk mengembalikan kesuburan tanah dibutuhkan pupuk organik dalam jumlah yang besar yang tidak mungkin harus selalu didatangkan dari luar.

Tapi harus diproduksi pada ternak- ternak yang dipelihara di sekitar lahan bekas tambang dengan sumber pakan HMT yang telah tanam sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: rusaidah
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved