BangkaPos/

Bambang: Kursi Wabup Bateng Berpotensi Besar Milik Gerindra

Erzaldi yang notabene merupakan Bupati Bangka Tengah dipastikan akan menanggalkan kursi bupatinya setelah terpilih menjadi gubernur.

Bambang: Kursi Wabup Bateng Berpotensi Besar Milik Gerindra
IST
Bambang Ari Satria 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pengamat Politik Bangka Belitung, Bambang Ari Satria melihat kursi Bangka Tengah dua mulai dipetakan oleh elit politik pasca Erzaldi Rosman ditetapkan menjadi pemenang pilkada pada ajang Pilgub Babel 2017.

Erzaldi yang notabene merupakan Bupati Bangka Tengah dipastikan akan menanggalkan kursi bupatinya setelah terpilih menjadi gubernur. Otomatis, wabup naik menjadi bupati dan kursi wabup lowong.

Bambang memetakan, kursi Wabup Bateng dipastikan akan diduduki oleh parpol pengusung.

Mereka adalah PPP yang memiliki 3 kursi, Gerindra 2 kursi, Demokrat 1 kursi, Hanura 1 kursi, PKS 1 kursi, dan Nasdem 1 kursi.

"Dari 6 partai tersebut, potensi besar kursi wabup akan menjadi milik Gerindra," kata Bambang.

Lantas siapa orangnya?

Bisa dari internal Gerindra atau eksternal Gerindra. Eksternal Gerindra bisa dari tokoh partai lain ataupun birokrat yang terampil dalam pekerjaan teknokratik.

Bambang menambahkan, kalau pilihannya dari eksternal Gerindra bisa jadi nanti figur yang terpilih tersebut “di-Gerindra-kan”. Pasti ada kejutan dari Gerindra terkait siapa sosok Bateng 2 nantinya. Penentunya adalah Erzaldi Rosman.

Kejutan ini berkaca dari cara Erzaldi memilih Wabup Bateng sekarang dan Wagub Babel terpilih.

Siapa sangka Ibnu Saleh jadi Wabup Bateng dan selangkah lagi akan jadi Bupati Bateng.

Begitu juga dengan nama Abdul Fatah yang tidak masuk dalam radar survei kemudian muncul dan terpilih jadi Wagub.

"Perlu diketahui, jika wakil bupati berhalangan tetap, berhenti atau diberhentikan, pengisian dilakukan melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD berdasarkan usulan dari partai politik atau gabungan partai politik," ujarnya.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help