Penetapan Gubernur Babel Hari Ini Adalah Kemenangan Seluruh Masyarakat

Pilgub kali ini relatif berjalan dengan soft, terutama setelah klimaks kontestasi ditutup dibilik suara

Penetapan Gubernur Babel Hari Ini Adalah Kemenangan Seluruh Masyarakat
IST
Dr Ibrahim, Dekan FISIP UBB 

BANGKA, BANGKAPOS.COM --  Dosen Ilmu Politik FISIP UBB, Dr Ibrahim menyatakan penetapan pasangan terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Babel oleh KPU hari ini, Rabu (15/3/2017), menjadi tahapan akhir dari kandidasi kepala daerah.

“Setelah ini saya kira adalah mekanisme teknis dan adminstratif, secara elektoral dapat dikatakan sudah selesai. Dalam amatan saya, Pilgub kali ini relatif berjalan dengan soft, terutama setelah klimaks kontestasi ditutup dibilik suara,” ujar Ibrahim.

Kebetulan hari ini, Rabu (15/3/2017), KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pemilihan Tahun 2017. Rapat pleno terbuka ini dilaksanakan di Hotel Santika Bangka, mulai pukul 10.00 WIB. 

Menurut Ibrahim potensi gejolak sejak awal nampak redam ketika hasil penghitungan suara membentangkan jarak yang cukup signifikan. Kata Ibrahim, ada beberapa alasan mendasar. Pertama, faktor selisih suara yang tak mungkin dikejar oleh para kompetitor. Fakta ini saya kira mendorong pada kandidat untuk realistis dalam bersikap. Selisih yang cukup signifikan menciptakan jarak yang tak mungkin terkejar, apalagi sejak regulasi membatasi perkara apa yang dapat dimasukkan ke MK.
Kedua, Ia melihat kedewasaan berpolitik tengah kekuatan elit yang sebenarnya tidak terlalu terbelah secara sempurna berhadap-hadapan mulai cukup baik. Kondisi ini didorong oleh cara berpolitiknya masyarakat yang tidak terlampau militan mengacu pada figur. Realistisnya masyarakat saya kira juga mendukung kondusivitas situasi.

“Pemilih kita secara umum juga relatif otonom dengan afiliasi yang tidak terlampu tergantung pada sosok patron. Artinya, kemungkinan besar sikap masyarakat yang normatif dalam menyikapi hasil pemilihan turut membantu semua pihak untuk menerima hasil pilkada secara elegan,” tukasnya. (*)

Penulis: Dody
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help