Fenomena Equinox, Suhu Udara 21 Maret Bisa Mencapai 40 Derajat Celcius

fenomena equinox bukan merupakan fenomena heatwave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang mengakibatkan peningkatan suhu

Fenomena Equinox, Suhu Udara 21 Maret Bisa Mencapai 40 Derajat Celcius
bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Muhammad Nurhuda 

Laporan Wartawan Bangka Pos.Com, Agus Nuryadhyn

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Fenomena equinox yang akan terjadi pada 21 Maret 2017 merupakan fenomena matahari melintas garis khatulistiwa yang secara priodik dalam setahun itu dua kali, yaitu 21 Maret dan 23 September.

Diperkirakan pengaruh fenomena equinox, suhu bisa mencapai 40 derajat celsius.

Namun keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis.

"Saat fenomena ini berlangsung bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian utara maupun selatan," jelas Muhammad Nurhuda Kepala Stasiun Meteorologi kelas 1 Pangkalpinang, Kamis (16/3/2017).

Dikatakan Nurhuda, bahwa fenomena equinox bukan merupakan fenomena heatwave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama.

"BKMG mengimbau masyarakat untuk tidak mengkhawatirkan dampak dari equinox, sebagaimana disebutkan alam isu yang berkembang," ujarnya.

Bahkan menurut Nurhuda, secara umum kondisi udara di wilayah Indonesia cenderung masih lembab atau basah. Dimana pada beberapa wilayah di Indonesia, saat ini sedang memasuki masa, periode transisi pancaroba.

'Namun kata Nurhuda, baiknya masyarakat tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan keluarga serta lingkungan.

Lebihlanjut Nurhuda mengayakan, bahwa fenomena equinox tidak berdampak secara signifikan, hanya akan terasa lebih gerah.

Sedangkan pengaruh di laut, dikemukakan Nurhuda, untuk penguapan akan sedikit bertambah.

Sementara itu untuk rata-rata suhu di Indonesia 25 derajat celcius hingga 33 derajat celcius.

Penulis: agusrya
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved