Pendaftaran JKN KIS Mandiri Semakin Mudah Lewat PPOB dan FKTP

Peserta mendapatkan kemudahan akses pendaftaran dan pembayaran iuran melalui channel Payment Point Online Banking

Pendaftaran JKN KIS Mandiri Semakin Mudah Lewat PPOB dan FKTP
Bangkapos/Khamelia
Peserta sosialisasi pendaftaran JKN KIS melalui PPOB dan kader JKN. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Peserta JKN-KIS kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) atau lebih dikenal sebagai peserta mandiri semakin dipermudah.

Peserta mendapatkan kemudahan akses pendaftaran dan pembayaran iuran melalui channel Payment Point Online Banking (PPOB) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Selain itu untuk memperluas penyebaran informasi, sosialisasi dan edukasi tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat, BPJS Kesehatan juga menggandeng kader JKN.

"Kami informasikan kepada masyarakat bahwa untuk pendaftaran peserta JKN KIS Mandiri dan pembayaran iuran selain di kantor BPJS, masyarakat bisa langsung datang ke unit PPOB dan FKTP terdekat dari rumah. Program layanan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menjadi peserta BPJS," ujar Kepala Unit Manajemen Kepesertaan Unit Pengendali Mutu Pelayanan dan Penanganan Pengadaan Peserta (MKUPMP4) BPJS Kesehatan Babel, Dede Ahadiyat kepada bangkapos.com.

Untuk mensosialisasikan program tersebut BPJS Kesehatan mengundang pemilik usaha PPOB dan FKTP di Hotel Menumbing Heritage dan Tan Kastel Heritage, Kamis (16/3).

Pada kesempatan itu peserta pemilik PPOB dan penanggungjawab FKPT melakukan penandatanganan komitmen kerjasama.

"Mulai Senin ini program ini sudah berlaku, silahkan masyarakat memanfaatkan layanan pendaftaran dengan mudah tanpa harus datang ke kantor BPJS, untuk iuran juga bisa melalui PPOB terdekat," ujar Dede.

Ditambahkannya kepada kader JKN diharapkan bisa memberikan informasi seluas-luasnya tentang manfaat BPJS, sekaligus mengedukasi pentingnya menjadi peserta.

"Kader JKN akan selalu dekat dengan masyarakat tempat mereka tinggal. Kader JKN memiliki tugas menginformasikan kepada masyarakat bahwa saat ini bisa mendaftarkan diri ke PPOB dan FKTP. Mereka juga memiliki program untuk penagihan peserta yang menunggak. Saat ini kader JKN menjadi pilot project di Pangkalpinang, jika dinilai sukses maka akan hadir kader JKN di seluruh kabupaten," paparnya.

Penulis: khamelia
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help