Tebusan Tax Amnesti KPP Pratama Pangkalpinang Rp 114,8 Miliar

Fadjar menyatakan optimis bisa meraih jumlah tersebut, pasalnya mendekati berakhirnya TA para wajib pajak beramai-ramai

Tebusan Tax Amnesti KPP Pratama Pangkalpinang Rp 114,8 Miliar
Bangkapos/Khamelia
Kepala KPP Pratama Pangkalpinang, Fadjar Julianto.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Jumlah tebusan tax amnesti (TA) wajib pajak di wilayah KPP Pratama Pangkalpinang hingga saat ini mencapai Rp114,8 miliar dengan jumlah wajib pajak sebanyak 2000 orang.

Nilai terus diperkirakan akan terus bertambah hingga masa berakhirnya TA pada 31 Maret 2017.

"Jumlah tebusan TA ini sudah melebihi target internal kami, di akhir penutupan kami menargetkan akan menerima iuran tebusan sebesar Rp 120 miliar," ujar Kepala KPP Pratama Pangkalpinang, Fadjar Julianto kepada bangkapos.com, Kamis (16/3).

Fadjar menyatakan optimis bisa meraih jumlah tersebut, pasalnya mendekati berakhirnya TA para wajib pajak beramai-ramai datang untuk membayar tebusan.

"Melihat animo tersebut kami membuka layanan hari libur sabtu pukul 8 pagi -2 siang dan hari minggu pukul 8 pagi sampai 12 siang," ujarnya.

Fadjar menyebutkan berakhirnya TA berbarengan dengan berakhirnya pelaporan SPT tahunan orang pribadi.

"Setiap orang pemilik NPWP punya kewajiban untuk melaporkan SPT setiap tahun. Untuk badan usaha berakhir 30 April," ujarnya.

Dikatakannya TA merupakan hak bagi wajib pajak karena di dalamnya berisi fasilitas yang menguntungkan bagi WP.

"Periode tiga TA tarif paling tinggi 5% WP umum, sedangkan UMKM dengan nilai harta sampai dengan Rp10 miliar tarifnya lebih murah 1/2%, tapi UMKM nilai asetnya lebih Rp10 miliar tarifnya 2 %, itu tetap lebih rendah dari pada WP umum 5%. Tetapi itu pun sebetulnya jauh lebih menarik dibandingkan dengan ketentuan normalnya. Oleh karena itu WP harus menangkap kesempatan baik ini mumpung masih beberapa hari lagi," tukasnya.

Kepada WP yang sudah ikut program TA pihaknya kata Fadjar memberikan apresiasi yang tinggi. Untuk itu pula dia mengingatkan agar WP yang ikut TA segera melaporkan SPT tahunan.

Penulis: khamelia
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help