Begini Kiat Memilih Olahraga yang Cocok dengan Kondisi Tubuh, Antara Lari, Bersepeda atau Berenang

Ketiga olahraga tersebut hampir semua orang bisa melakukannya. Bagaimana efek yang didapat dari ketiga jenis olahraga tersebut?

Begini Kiat Memilih Olahraga yang Cocok dengan Kondisi Tubuh, Antara Lari, Bersepeda atau Berenang
Nurhayati/Bangkapos.com
Ilustrasi lari 

BANGKAPOS.COM - Berlari, berenang, dan bersepeda adalah latihan kardio yang paling populer dan hampir semua orang bisa melakukannya.

Namun tidak semua orang leluasa melakukan ketiga aktivitas tadi.

Sebelum mengambil keputusan aktivitas mana yang akan Anda pilih untuk menyehatkan tubuh dan membakar kalori, simak pemaparan di bawah ini.

Kemampuan membakar kalori

Lari merupakan pembakar kalori terbaik dari ketika jenis olahraga tadi. Tentu saja tergantung pada berat badan dan kecepatan, Anda dapat membakar sekitar 500 hingga 800 kalori per jam dengan berlari.

Baik berenang maupun bersepeda akan membakar lebih banyak kalori tergantung kecepatan. Sekali lagi tergantung berat badan dan kecepatan, Anda dapat membakar 350 – 650 kalori per jam dengan bersepeda dan 350 – 700 kalori per jam dengan berenang.

Rawan cedera

Berlari adalah salah satu olahraga dengan cedera tertinggi karena stres terkait dengan itu. Bersepeda adalah olahraga dengan dampak rendah yang lebih tepat bagi mereka dengan masalah lutut atau punggung.

Sementara berenang berdampak setidaknya pada tungkai, sendi, dan otot karena mendukung sifat air.

Penelitian menunjukkan olahraga di air sedalam pinggang mengurangi tekanan pada sendi sebesar 50%, sedangkan olahraga air setinggi dada mengurangi sebanyak 75%.

Halaman
1234
Editor: Alza Munzi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help