BangkaPos/
Home »

News

» Sains

Beginilah Kisah Ketika Pohon Kurma Menangis karena Rindu Rasulullah

Sejak Masjid Nabawi berdiri, pohon kurma itu telah di sana. Tak hanya menjadi tonggak, pohon kurma tersebut selalu menjadi sandaran Nabi acapkali...

Beginilah Kisah Ketika Pohon Kurma Menangis karena Rindu Rasulullah
TRIBUNNEWS/ADI SUHENDI
ilustrasi 

SIAPA yang tidak rindu dengan sosok baginda Rasulullah SAW, hampir semua umat muslim tentunya sangat merindukan utusan Allah tersebut. Bahkan dalam sejarah Islam disebutkan, pohon kurma pun menangis karena merindukan Rasulullah.

Baca: Heboh, Ada Sumber Air Bercampur Api Muncul di Perbatasan Saudi dan Yaman, Tanda Kiamatkah?

api dan air di lubang yang sama
api dan air di lubang yang sama (net)

Kisah tersebut terjadi pada suatu Jumat, warga Madinah tiba-tiba digemparkan dengan suara tangis yang teramat pilu dan tak kunjung berhenti. Suara seperti rengekan bayi itu ternyata diketahui berasal dari Masjid Nabawi.

Baca: Dendam Membara di Sungailiat, Abdul Salam: Awas Kau Aliong! Kemana pun Kau Pergi Akan Kami Cari

Para sahabat Rasul yang berada di masjid pun kebingungan, siapa gerangan yang menangis. Saat itu, mereka tengah berkumpul untuk menjalankan shalat Jumat. 

Baca: Sang Suami Koma 15 Tahun, Saat Sadar Kaget Ketika Lihat Wanita Lain Lakukan Hal Ini

Diriwayatkan dalam hadist dari Jabir Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berdiri di atas sebatang pohon kurma ketika berkhutbah. Setelah dibuatkan mimbar, kami mendengar sesuatu pada batang pohon kurma tersebut seperti suara teriakan unta yang hamil. Sehingga Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam turun, lalu meletakkan tangannya pada batang kurma tersebut. Setelah itu, batang pohon itu pun diam."

Sementara dalam riwayat lain disebutkan, "Ketika hari Jum'at, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam duduk di atas mimbar. Lalu batang kurma yang biasa beliau berkhutbah di sana itu berteriak, hampir-hampir batang kurma itu terbelah."

Baca: Sang Suami Koma 15 Tahun, Saat Sadar Kaget Ketika Lihat Wanita Lain Lakukan Hal Ini

ilustrasi [Gambar ini tidak ada kaitan dengan kisah di bawah ini]
ilustrasi [Gambar ini tidak ada kaitan dengan kisah di bawah ini] (youtube)

Adapun dalam riwayat Bukhari disebutkan, "Lalu batang kurma itu berteriak seperti teriakan anak kecil. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam turun lalu memegangnya dan memeluknya. Setelah itu, mulailah batang pohon itu mengerang seperti erangan anak kecil yang sedang diredakan tangisannya sampai ia terdiam. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam lalu bersabda,

Halaman
123
Penulis: asmadi
Editor: asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help