BangkaPos/

Gandhi Sebut Pemkot Jangan Setengah Hati Dukung Dunia Pendidikan

Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang yang akan mengeluarkan Perwako pendidikan karakter dan peran serta masyarakat

Gandhi Sebut Pemkot Jangan Setengah Hati Dukung Dunia Pendidikan
bangkapos.com/Zulkodri
Depati Amir Gandhi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Anggota DPRD Kota Pangkalpinang berharap pemerintah Kota Pangkalpinang selalu serius dan komitmen dalam meningkatkan maupun mengembangkan mutu serta kualitas dunia pendidikan di Kota Pangkalpinang.

"Sejumlah langkah yang dilakukan oleh Walikota maupun dinas pendidikan kita nilai sudah cukup baik. Bahkan adanya wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang yang akan mengeluarkan Perwako pendidikan karakter dan peran serta masyarakat dalam pembiayaan dan pengelolaan pendidikan untuk menghindari pungli di sekolah, kami nilai sudah positif dan perlu diapresiasi," ujarnya kepada bangkapos.com, Senin (20/03/2017).

Hanya saja pelaksanaan kedepannya lanjut ketua fraksi PPP DPRD Kota Pangkalpinang ini, perlu kajian yang mendalam. Karena pada prinsipnya Perwako itu, mengatur ketentuan sumbangan, pungutan dan bantuan pendidikan oleh masyarakat. Melalui perwako komite sekolah yang dapat mengelola dana non pemerintah.

" Persoalanya dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) No 44 Tahun 2012, yang mengatakan satuan pendidikan dasar dilarang keras melakukan pungutan dalam bentuk apapun. Ini yang harus dikaji lebih mendalam," ucapnya.

Selain perwako komite sekolah itu, harap Gandhi kedepan akan lahir perwako lainnya sesuai dengan perda tentang dunia pendidikan yang disahkan beberapa waktu lalu.

"Di dalam Perda Kota Pangkalpinang itu, haruslah melahirkan tiga belas Perwako. Termasuklah didalamnya seperti Perwako mengenai standar pelayanan minimum, Perwako perencanaan pendidikan, Perwako pendidikan anak usia dini, Perwako pendidikan non formal dan informal dan Pendidikan berbasis kearifan lokal dan lainnya," ucap Gandhi.

Untuk itu lanjutnya, dalam memajukan dunia pendidikan di Kota Pangkalpinang. Pihaknya akan terus bersinergi dengan semua pihak, agar dunia pendidikan di Kota Pangkalpinang dapat semakin maju dan berkembang.

"Kedepan, persoalan pendidikan ini harus di atur tegas, gratis atau berbayar sama sekali. Jangan seperti sekarang gratis namun masih setengah hati," ucapnya.

Penulis: zulkodri
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help