BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Warga Bakam dan Dalil Resah Satu Minggu Lebih Air SPAM Tak Mengalir

hingga saat ini belum mendapat informasi dari PDAM secara resmi ke desa mengenai SPAM yang akan diambilalih oleh PDAM

Warga Bakam dan Dalil Resah Satu Minggu Lebih Air SPAM Tak Mengalir
IST
Bupati Bangka meninjau PDAM Tirta Bangka 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA --Warga Desa Bakam dan Dalil, Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka resah karena Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) IKK Bakam sudah seminggu lebih ini rusak sehingga air bersih yang biasa mengalir ke rumah warga terhenti.

Bahkan fasilitas umum seperti masjid, puskesmas, polindes dan kantor kecamatan yang mendapat distribusi air bersih dari SPAM IKK juga terhenti.

"Warga sudah berapa kali datang ke kantor desa mengeluhkan sudah seminggu lebih ini tidak dapat air lagi karena mesin di SPAM rusak. Fasilitas umum seperti polindes juga ada ibu-ibu yang mau melahirkan butuh air banyak, tapi kesulitan karena air dari SPAM terhenti, pihak polindes terpaksa harus menimba air dari sumur," keluh Kades Bakam Mashur kepada bangkapos.com, Senin (20/3/2017).

Pihaknya sudah menghubungi Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perhubungan Kabupaten Bangka Chairil Anwar untuk menanyakan perbaikan mesin SPAM yang rusak.

Menurut informasi peralatan tersebut sudah dikirim ke Jakarta untuk diperbaiki.

"Tapi kenapa sampai seminggu lebih ini belum selesai juga. Kita menghubungi Pak Chairil lagi belum ada jawaban. Kami minta UPT PU tidak lepas tangan, begitu juga dari pihak PDAM katanya tanggal 18 ini SPAM diambil alih PDAM. Bagaimana nasib SPAM ini kasihan warga sudah resah," keluh Mashur.

Ia mengatakan, hingga saat ini belum mendapat informasi dari PDAM secara resmi ke desa mengenai SPAM yang akan diambilalih oleh PDAM. Dia juga mempertanyakan berapa tarif SPAM jika sudah dikelola PDAM.

"Kami cuma tahunnya informasi dari koran," kata Mashur.

Dia sangat berharap air dari SPAM IKK Bakam ini bisa kembali mengalir karena selama ini warga dua desa yakni Bakam dan Dalil, serta fasilitas umum di Bakam sangat tergantung dari air yang didistribusikan oleh SPAM.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help