Home »

Lokal

» Bangka

Pengacara Aliong tak Datang, Sidang Pembunuhan Sadis Ditunda

Aliong (39), sudah memasuki ruangan sidang Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat, Selasa (21/3/2017) petang.

Pengacara Aliong tak Datang, Sidang Pembunuhan Sadis Ditunda
bangkapos.com/Fery Laskari
Aliong (39), mengenakan rompi tahanan duduk di kursi pesakitan, persis di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat. Pria ini menjalani sidang perdana dalam perkara pembunuhan sadis, Selasa (21/3/2017) petang. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Aliong (39), sudah memasuki ruangan sidang Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat, Selasa (21/3/2017) petang.

Namun, pengacaranya, Jailani SH tak kelihatan 'batang hidung'nya. Karena pengacara tak hadir, majelis hakim pun memutuskan, menolak jaksa membacakan surat dakwaan di persidangan hari ini.

"Apakah saudara terdakwa (Aliong) didampingi pengacara di persidangan ini?" tanya M Solihin, Ketua Majelis Hakim PN Sungailiat, mengawali sidang perdana kasus pembunuhan sadis yang dimaksud.

Mendengar pertanyaan itu, Aliong pun menganggukan kepala pertanda dia didampingi penasihat hukum (PH). Lalu, hakim mempertanyakan, dimana pengacaranya? Aliong seketika menoleh ke kanan, namun sayang, kursi pengacara yang sudah disiapkan di ruang sidang itu, tetap saja kosong. Pengacara Aliong, Jailani rupanya tak datang di agenda sidang perdana ini, Selasa (21/3/2017) petang.

"Karena pengacara kamu tidak hadir, maka sidang pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum, kita minta ditunda sampai ada pengacaramu hadir pada sidang berikutnya. Hari ini majelis hakim hanya sebatas melakukan pemeriksaan identitas lengkap sauda (terdakwa) saja," kata Solihin, kemudian mengkroscek data identitas di berkas perkara, langsung pada Terdakwa Aliong.

Pengacara Terdakwa Aliong, Jailani SH sempat dikonfirmasi Bangka Pos Group melalui telepon seluler, Selasa (21/3/2017) petang. Mengenai ketidak-hadiranya pada sidang perdana kasus pembunuhan kliennya, Jailani memberikan alasan. "Mohon maaf, saya tidak tahu kalau sidangnya akan digelar hari ini, makanya saya tidak datang. Saat ini saya sedang berada di Toboali (Basel)," kata Jailani.

Disebutkan sebelumnya, Aliong (39) si pembunuh sadis akan diadili, Selasa (21/3/207)g. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bangka, Aditia Sulaeman siang tadi, mengaku siap mendakwa pelaku siang ini di hadapan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat. Sayang, saat tiba waktunya, sidang dakwaan gagal digelar.

Dilansir sebelumnya disebutkan, pembunuhan sadis terjadi di Desa Rebo Sungailiat Bangka. Kedua korban, Imelda (32) dan anaknya, Aura (6), warga Bedeng Akeh Sungailiat tewas dicekik.

Jasad korban kemudian dimasukan dalam karung dan dibenamkan dalam lumpur bekas tambang inkonvensionall (TI) jl Cendana Desa Rebo Sungailiat. Jasad korban ditemukan, Selasa (3/1/2017), dua hari setelah kejadian, usai pelakunya, Tersangka Aliong (39), warga Desa Rebo Sungailiat ditangkap polisi.

Penulis: ferylaskari
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help