Banyak Rumah Makan Seputaran Genas Pangkalpinang Belum Punya Pengelolaan Limbah

kebanyakan warung makan di Genas belum memiliki sistem pengelolaan limbah yang benar

Banyak Rumah Makan Seputaran Genas Pangkalpinang Belum Punya Pengelolaan Limbah
bangkapos.com/dok
Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang, Iwansyah.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Rumah makan yang ada di wilayah Kelurahan Gedung Nasional maupun yang berada di wilayah Kecamatan Taman Sari kebanyakan belum memiliki tempat pengelolaan limbah yang benar dan baik.

Hal ini, dikatakan Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang, Iwansyah setelah mereka melakukan pendataan dan pemantauan langsung.

"Setelah kita dapat intruksi. Kita segera membentuk tim melakukan pemantauan, hasilnya kebanyakan warung makan di Genas belum memiliki sistem pengelolaan limbah yang benar. Bahkan kebanyakan warung makan di sekitar wilayah tersebut, membuang sampah limbahnya ke parit di dekat daerah tersebut," ujarnya kepada bangkapos.com, Kamis (23/03/2017).

Untuk langkah selanjutnya, lanjut Iwansyah, pihaknya akan segera melaporkan temuan tersebut kepada pimpinan, baik itu Walikota maupun wakil walikota, untuk menunggu intruksi selanjutnya.

"Kalau untuk mengecheck perizinan satu persatu bukan tugas kita. Tetapi hasil pantauan kita dan pendataan langsung ke pemilik warung. Mereka belum punya izin lingkungan. Yang jelas hal ini, akan segera kita laporkan ke pimpinan hasil pantauan dan pendataan kita," ucapnya.

Satu lagi, lanjut Iwansyah ditemukan bahwa warung makan yang ada itu, kebanyakan merupakan kediaman yang disulap menjadi warung makan. Sehingga seharusnya berdasarkan aturan harus ada perizinan perubahan fungsi.

" Namun sekali lagi bukan ranah kita. Kita hanya mendata, nanti kita laporkan ke pimpinan," ucapnya.

Penulis: zulkodri
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help