BangkaPos/

Inilah Kebun Sayuran di Tengah Perkotaan

Tanaman Hidroponik kian banyak diperbincangkan masyarakat, teknik penanaman yang tidak menggunakan tanah sebagai mediumnya

Inilah Kebun Sayuran di Tengah Perkotaan
BANGKAPOS.COM/KRISYANIDAYATI
Sayuran Hidroponik milik Ridwan di Jalan Sudirman, Tanjungpandan, Kamis (23/3/2017). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Tanaman Hidroponik kian banyak diperbincangkan masyarakat, teknik penanaman yang tidak menggunakan tanah sebagai mediumnya dinilai lebih efisien dan aman untuk dikonsumsi.

Sistem pertanian hidroponik yang menggunakan air sebagai media tanam, dinilai tak mencemari lingkungan. Selain itu, produk yang dihasilkan juga sehat dan ramah lingkungan karena bebas dari bahan kimia dan pestisida.

Selain sebagai hiasan, tanaman Hidroponik bisa dikonsumsi, tak hanya itu kini tanaman hidroponik bisa bernilai ekonomi tinggi. Bagi ibu rumah tangga yang gemar bercocok tanam, tanaman hidroponik mungkin bisa jadi alternatif untuk mengurangi biaya konsumsi rumah tangga, pasalnya bisa dengan tanaman hidroponik tak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli sayuran.

Hal itulah yang saat ini sedang dikembangkan seorang warga Belitung, Ridwan (42). Lelaki ini mulai tertarik dengan tanaman hidroponik usai melihat nformasi dari media sosial facebook. Ketertarikannya, rupanya bukan hanya isapan jempol belaka. Dirinya terus mencari informasi dan bertanya pada seorang rekanan yang kebetulan sedang mengembangkan tanaman hidroponik.

Empat bulan yang lalu, dirinya mulai menerapkan tanaman hidroponik di cafe miliknya. Awalnya ini hanya keisengan belaka, ternyata dengan peralatan sederhana dan bimbingan sang teman, dirinya bisa menghasilkan sayuran hidroponik dengan kualitas yang bagus.

Di cafenya yang terletak di jalan jalan jendral sudirman, sayuran hidroponik tampak seperti hiasan yang berbentuk pagar. Bahkan beberapa orang menyangka sayuran itu hanya hiasan bukan sayuran yang bisa dikonsumsi.

Dengan pipa berdimater 4 inc dan panjang empat meter, dirinya menanam berbagai jenis sayuran. Dalam satu pipa terdapat sekitar 20 pot tanaman sayuran, saat ini ia memiliki 80 pot tanaman yang digantungkan di empat pipa paralon.

Beragam jenis sayuran yang tumbuh subur dengan hidroponik media air ialah selada, sayuran berdaun hijau seperti sawi biasa, sawi pak coi, sawi pagoda, daun sop, daun bawang, kangkung, bayam hijau dan bayam merah.

"Awalnya kan kita iseng karena tertarik, coba sharing dengan teman yang di IPB ternyata dia juga lagi mengembangkan, sebenarnya konsep awalny itu kita inginkan itu tampak asri, sayur di tengah kota, biar keliatan alami dan tertata," kata Ridwan saat ditemui Pos Belitung, Kamis (23/3/2017).

Halaman
12
Penulis: krisyanidayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help