BangkaPos/

Kembangkan Hidroponik Bisa Jadi Ladang Usaha

Tanaman hidroponik merupakan satu solusi untuk mendapatkan sayuran yang bebas bahan kimia.

Kembangkan Hidroponik Bisa Jadi Ladang Usaha
BANGKAPOS.COM/KRISYANIDAYATI
Sayuran Hidroponik milik Ridwan di Jalan Sudirman, Tanjungpandan, Kamis (23/3/2017). 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Mengkonsumi makanan yang bebas dari bahan kimia, tengah menjadi trend gaya hidup orang saat ini, termasuk dalam hal memilih sayuran yang bebas dari pestisida.

Tanaman hidroponik merupakan satu solusi untuk mendapatkan sayuran yang bebas bahan kimia.

Hal itulah yang dimanfaatkan Ridwan (42) sebagai peluang bisnis baru. Lelaki asal Mentok ini mulanya hanya tertarik untuk menanam sayuran hidroponik untuk kebutuhan pribadi, namun semakin banyak yang tertarik dirinya mulai melirik bisnis ini.

Tak hanya menjual sayuran hidroponik, dirinya juga menyediakan jasa perakitan dan penyiapan bahan bagi masyarakat yang ingin menamam sayuran hidrponik.

"Modal awalnya memang besar, kayak beli pipa, terus pompa airnya, tapi ini kan dipakai terus menerus-menerus, pot nya," kata Ridwan saat ditemui Pos Belitung, Kamis (23/2/2017).

Ridwan membandrol harga Rp 3 juta untuk alat dan pemasangan hidroponik sayuran, dan menurutnya sudah banyak yang melakukan pemasanan. Sayangnya, pihaknya masih harus memesan dari luar bahan-baha seperti bibit dan pot.

"Lengkap kita semua yang sediakan dan pasang langsung, jadi nanti tinggal perawatan. Mulai dari bibit, pot pipa, pupuk, nutrisinya kita siapkan semuanya," katanya.

Tak hanya, pihaknya juga terus membina para pembeli media sayur hidroponik agar bisa menjual hasilnya, tidak hanya sebagai konsumsi pribadi saja.

"Ini prospek bisnis yang menjanjikan, karena orang makin sadar sehat. Harga sayurannya juga kan lumayan apalagi bisa dalam bentuk banyak ini bisa masuk pasar dan supermarket tinggal bagaimana mengemasnya, tentunya perawatannya juga," katanya.

Dirinya sudah beberapa kali mendapatkan orderan, dan menurutnya ini hal yang menyenangkan menekuni hobi yang juga bisa menghasilkan uang.

Baginya sayuran hidroponik merupakan sayuran dengan tingkat kehigienisan yang tinggi dan diminati banyak orang.

"Konsepnya kan sayuran diperkotaan, dan memang kalau sayuran ini biasanya etnis tionghoa banyak yang suka, tapi gak menutup kemungkinan kalau semakin banyak yang menanam ini akan banyak juga yang suka karena sehat," katanya.

Ia menjelaskan saat ini dirinya sedang mengembangkan pelayanan panen sendiri bagi pembelinya yang ingin membeli sayur.

"Kita cuma nyediaan gunting, plastik, sama timbangan, jadi mereka yang gunting sendiri biar berasa panen sendiri, liat segernya, siapa tau ada kepikiran buat nanam kan. Karena kan ini juga tertata dan rapi," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help