BangkaPos/

Sayuran Hidroponik Mulai Dilirik Masyarakat yang Ingin Hidup Sehat

Hasil Tanaman hidroponik kini mulai dilirik berbagai kalangan masyarakat,

Sayuran Hidroponik Mulai Dilirik Masyarakat yang Ingin Hidup Sehat
BANGKAPOS.COM/KRISYANIDAYATI
Sayuran Hidroponik milik Ridwan di Jalan Sudirman, Tanjungpandan, Kamis (23/3/2017). 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Hasil Tanaman hidroponik kini mulai dilirik berbagai kalangan masyarakat, selain dinilai indah dan menghijaukan, sayuran hidroponik dinilai lebih sehat.

Hal itu diutarakan Ridwan (42), penanam sayur Hidroponik di Belitung. Ridwan mengatakan banyak warga yang datang padanya untuk mengetahui cara menanam hidroponik dengan media air. Bahkan tak jarang beberapa dari mereka sudah menerapkan itu.

"Ada kadang yang datang hanya untuk foto, ada juga yang datang untuk tanya-tanya dan kita jelasin, yang datang beli juga banyak, cuma kan ini masih terbatas cuma 80 pot," katanya saat ditemui Pos Belitung, Kamis (23/2/2017).

Umumnya, yang tertarik dengan tanaman hidroponik ialah mereka yang memang sebelumnya gemar bercocok tanam. Tanaman dengan medium air ini dinilai lebih simpel dan mudah dalam perawatan.

"Banyak ada yang PNS, Pengusaha, ini kan bisa dirumah, dan gak perlu lahan khsusus, jadi mereka yang pulang kerja bisa sambil ngurusin ini, beberapa malah sudah ada yang jual juga hasilnya," katanya.

Bahkan menurutnya, saat ini pihaknya sudah membentuk komunitas yang penanama hidpronik yang terdiri dari 10 orang.

"Ada komunitas, namanya Satam kita memang namanya ini ikon dari Belitung, kita juga berharap suatu hari nanti masyarakat Belitung gak perlu beli sayur lagi tapi bisa nanam sendiri dan rumahnya keliatan asri dan hijau," katanya.

Bahkan saat ini pihaknya sedang mencoba mengembangkan tanaman hidroponik dengan bentuk menyerupai pohon natal. Sembari itu juga pihaknya, sedang mencoba tanaman jenis lain untuk bisa dihidroponik dengan medium air seperti tomat.

"Kita terus mengembangkan, mulai dari bentuknya gak hanya mendatar begini tapi kita nanti mau coba dengan berdiri pipanya. Tapi kalau yang beridiri itu kendalanya di mesin pompa airnya harus lebih kenceng," katanya.

Ia mengatakan meski tampak berdempetan, berbagai sayuran ini bisa tumbuh berdampingan dan tidak harus satu jenis.

"Akarnya memang panjang, tapi mereka gak saling mengikat, jadi bebas aja mau ditanam apa sebelahnya, gak memengaruhi kok," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help