Tiga Anak Martina Jadi Sarjana dari Hasil Rajutan

Alhamdullilah pak, hasil rajutan dan kain cual ini, saya bisa menyekolahkan tiga anak hingga menjadi sarjana

Tiga Anak Martina Jadi Sarjana dari Hasil Rajutan
IST
Rajutan hasil kerajinan Martina 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sosok Martina (56), pengrajin rajutan dan kain cual khas Bangka, warga Air Jukung Kecamatan Belinyu mungkin bisa dijadikan inspirasi dan contoh bagi semua orang.

Hal ini dibuktikannya, dengan hasil rajutan dan kain cual tenun, dirinya bisa menyekolahkan ketiga anaknya hingga menjadi sarjana dari hasil jualan rajutan dan kain cual.

"Alhamdullilah pak, hasil rajutan dan kain cual ini, saya bisa menyekolahkan tiga anak hingga menjadi sarjana," ungkapnya bangga, ketika ditemui, Rabu (23/3/17) di rumahnya di Kelurahan Air Jukung Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka.

Dituturkan Martina, hasil rajutannya terdiri dari taplak meja, sarung bantal, tatakan gelas, sarung toples, peci dan lainnya merupakan hasil kegemarannya merajut sejak kecil.

"Saya hobi merajut memang dari kecil, jadi sudah besar terus dikembangkan dan akhirnya bisa menjadi usaha yang menghasilkan," ungkap Martina.

Martina menjelaskan, untuk rajutan, biasanya saya membuat sesuai pesanan dan juga stok sendiri.

"Butuh waktu yang lama juga untuk meyelesaikan satu rajutan seperti taplak meja, baju, bisa sebulan, setengah bulan, kadang-kadang lebih juga, tergantung ukuran," katanya.

Diakui Martina, ia sekarang ini juga mendapatkan bantuan dan dukungan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka untuk mengembangkan kain cual tenun selain rajutan.

"Bu Mina datang kesini, dan minta saya untuk mengembangkan juga kain cual ini, kalau rajutan sudah berhasil, dan kain tenun ini perlu juga, sehingga dapat membantu masyarakata juga, kita beli alatnya ke Palembang, benangnya juga" katanya.

Terkait harganya, Martina menjelaskan cukup bervariasi, tergantung ukuran rajutan, mulai dari harga Rp 25 ribu sampai dengan Rp 5 juta.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved