Jelang Ceng Beng, Warga Tionghoa Mulai Membersihkan Makam

sejumlah warga Tionghoa mulai membersihkan makam leluhur mereka di Pemakaman Sentosa, Semabung Kota Pangkalpinang, Minggu (26/3/2017)

Jelang Ceng Beng, Warga Tionghoa Mulai Membersihkan Makam
bangkapos.com/Resha Juhari
Pekerja membersihkan makam di Pemakaman Sentosa, Semabung Kota Pangkalpinang, Minggu (26/3/2017). Setiap tahunnya, Pemakaman sentosa selalu ramai didatangi warga yang ingin beribadah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ceng Beng. Puncak perayaan Ceng Beng jatuh pada tanggal 4-5 April mendatang. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Resha Juhari

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Menjelang perayaan Sembahyang Kubur atau yang sering disebut Ceng beng yang puncaknya akan jatuh pada tanggal 4-5 April mendatang, sejumlah warga Tionghoa mulai membersihkan makam leluhur mereka di Pemakaman Sentosa, Semabung Kota Pangkalpinang, Minggu (26/3/2017).

Membersihkan makam leluhur tersebut meliputi membasuh makam dengan air, mengganti tanah dan mengecat kembali makam agar nyaman saat melakukan ibadah.

Akian, Seorang warga yang memiliki makam orang tuanya di Pemakaman tersebut menuturkan, membersihkan makam merupakan tradisi yang selalu mereka lakukan bersama keluarga dalam setiap tahunnya.

"Ini makam orang tua saya, makam ini sudah berumur 27 tahun. Rata-rata makam yang ada di Pemakaman Sentosa, Semabung ini berumur puluhan tahun termasuk makam orang tua saya ini, beliau meninggal tahun 1990," katanya.

Ia menambahkan, menurutnya membersihkan makam selain memberikan rasa nyaman dalam beribadah juga sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur agar selalu ingat kepada orang tua meski telah wafat.

"Kami sekeluarga nanti beribadah di sini, saudara yang datang dari luar daerah, Jakarta juga pulang, kami memilih untuk beribadah sebelum tanggal 4 April karena masih ada makam yang di Kebun Jeruk, Pangkalan Baru yang harus didatangi," tutup Akian.

Penulis: Resha Juhari
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved